Animasi APP 2017 di Paroki Dumoga

0
287

Pada hari Senin, 13 Februari 2017 para pimpinan umat se-paroki “Santa Maria Pengantara” Dumoga melaksanakan Lokakarya Animasi dan Aktualisasi Gerakan APP 2017 di aula Paroki, desa Tambun. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang peserta. Lokakarya bertema: Keluarga Berwawasan Ekologi ini dipandu oleh narasumber Pastor John Montolalu Pr dan Bapak Felix Imbang.

Menurut Pastor John, “tema APP 2017 menginspirasi kita untuk kembali menyadari bahwa bumi dengan semua lingkungan ekologi adalah rumah kita bersama. Rumah kita bersama itu dengan indah digambarkan dalam kitab suci sebagai  Firdaus. Di dalam Firdaus, Adam dan Hawa, tinggal dalam relasi yang harmonis dengan mahluk ciptaan Tuhan lainnya.”

Pastor John melanjutkan bahwa kita harus memberi makna yang benar pada “kuasa: menaklukkan bumi” yang diberikan Allah pada manusia. Salah memberi makna terhadap status tersebut akan membuata manusia menderita. Taklukkan dengan cinta “mengusahakan” dan

cinta “memelihara”. Inilah sikap yang benar atas status sebagai penguasa yang Tuhan berikan itu.

Pastor John mengakhiri sesi pertama dengan mengajak para peserta untuk menyadarkan umat dan keluarga-keluarga di paroki bahwa lingkungan ekologis harus dihargai sebagai sesama ciptaan Tuhan. Inilah salah satu inspirasi penting dari ensiklik Paus Fransiskus yang berjudul Laudato Si, demikian pungkas Pastor John yang saat ini menjabat sebagai Sekjen Keuskupan Manado.

Setelah menerima masukkan dan inspirasi dari Pastor John, para peserta dipandu oleh Bapak Felix Imbang dalam hal menyusun program aksi nyata di tingkat stasi dan paroki. Pada sesi ini para peserta diajak untuk mencermati berbagai masalah ekologis yang dihadapi keluarga-keluarga umat kita, menyadari sejauh mana ‘dosa ekologis’ yang sudah dibuat dan kemudian menentukan aksi nyata sebagai program baik dalam keluarga, wilayah rohani atau stasi sampai di tingkat paroki.

Menariknya, Pastor Novry Korompis Pr selaku Pastor Paroki turut membuat program aksi nyata berupa penataan lingkungan pastoran dan gereja yang asri. Menurut Pastor Novry, banyak hal yang dapat dibuat tapi yang paling konkrit dan mudah adalah mulai dengan menata lingkungan rumah keluarga kita masing-masing. Selain itu kita perlu mulai membiasakan diri dengan perilaku yang ekologis dan ramah lingkungan, seperti menggunakan listrik seperlunya, membuat dapur atau apotik hidup yang bermanfaat di samping untuk menghijaukan lingkungan tapi juga punya manfaat ekonomis dan kesehatan.

Fe59

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini