Animasi APP di Kevikepan Palu dan Luwuk

0
1313

Paroki-paroki yang tersebar di Sulawesi Tengah masih mengalami proses animasi APP 2017 sama seperti tahuntahun sebelumnya yakni dikunjungi oleh Tim APP Keuskupan. Ada 6 lokasi yang menjadi tempat penyelenggaraan. Untuk Kevikepan Palu dilaksanakan di Modo – Buol, Napu-Palu dan Beteleme. Sedangkan animasi di Kevikepan Luwuk ada 3 paroki yang menjadi tempat pelaksanaan yaitu Luwuk, Sulubombong dan Banggai.

Pada tanggal 21 Februari 2017 bertempat di gereja St, Thomas Modo yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari kota Buol menuju pemukiman transmigran di sebelah timur, animasi APP dihadiri oleh sekitar 100 pimpinan umat dari Paroki St.Thomas Modo – Buol, Paroki Kristus Raja Toli-toli dan Paroki St. Petrus Kotaraya. Turut hadir juga para pastor paroki yakni P. Juven Obosan Pr sebagai tuan rumah, P. Frits Siunta Pr dari Paroki Toli-toli dan P. Eca Mantow Pr dari Paroki Kotaraya. Tim APP Keuskupan yang datang mendampingi  adalah Felix Imbang dan Plato Rawung.

Sehari sebelumnya, 20 Februari 2017, Paroki Sta. Maria Bintang Kejora Luwuk menyelenggarakan animasi APP. Tim yang datang adalah Pastor Berty Rumondor Pr, Hein Saneba dan Pet Sumaraw. Keesokan harinya Tim yang sama menuju Paroki Kristus Raja Sulubombong untuk memberikan animasi Dan pada tanggal 23 Februari, APP dilaksanakan di Paroki Raja Damai Banggai di mana Paroki Bunda Hati Kudus Sambiut dan Paroki St.Petrus Nulion turut bergabung. Di Paroki Sta.Maria Bunda Penolong Abadi Beteleme Tim APP Keuskupan yang bertugas terdiri atas Pastor Benny Salombre Pr, Pastor Yansen Dianomo Pr, Pastor Paul Salabia Pr dan Yoel Lengkong.

Tim mendampingi utusan dari Paroki Beteleme sendiri dan Paroki Tentena Poso serta Paroki Tolai. Kegiatan animasi dilaksanakan pada Jumat, 24 Februari 2017. Sabtu, 25 Februari 2017, suasana sejuk lingkungan ekologis lembah Napu menyambut Tim APP: Pastor Steven Lalu Pr dan Felix Imbang, serta ’70 murid Yesus’ dari Paroki St.Paulus Palu dan Paroki Sta. Maria Palu. Mereka dengan penuh semangat menempuh perjalanan sekitar tiga setengah jam dari kota Palu menuju dataran Napu. Pastor Ariston Mbahi MSC bersama sekitar 35 orang pengurus stasi di wilayah Napu menyatu dengan 23 orang utusan dari Paroki St. Paulus Palu di bawah pimpinan Pastor Paroki sekaligus Vikep Palu: Pastor Laurens Karamoy Pr dan 47 orang utusan dari Paroki Sta. Maria Palu bersama Pastor Parokinya Pastor Johanis Salaki MSC. Pada kesempatan ini hadir juga Pastor Jimmy Toreh Pr yang akan membantu Pastor Laurens di St. Paulus Palu. Tiga bagian besar dalam proses animasi APP di semua lokasi tersebut terdiri atas: pertama, penyadaran mengenai realitas ekologi saat ini; kedua, visi kristiani tentang ekologi sebagaimana terungkap dalam ensiklik Laudato Si; dan ketiga, menyusun program aksi nyata.

Fe59

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini