Bertindak Sederhana Bagi Sesama Direnungkan Dalam Ibadah Wilroh St Carolus Boromeus

0
261

Ibadah Sabda Wilayah Rohani (Wilroh) St Carolus Boromeus, Paroki St Mikael Perkamil Manado bertempat pada Keluarga Ibu Susan Budiman Pada Hari Selasa, 11/07/23.

Dengan pemimpin ibadah Ibu Renata Mongkau, yang mengawali ibadah dengan lagu yang diambil dari buku Madah Bakti.

Bacaan pada ibadah ini diambil dari Kitab Matius 9: 32-38. “Tuaian Memang Banyak, Tetapi Sedikitlah Pekerjanya!”

Dalam renungan, Ibu Renata   menyampaikan bahwa Yesus hari ini juga memiliki perasaan yang tidak nyaman ketika melihat seorang bisu yang kerasukan setan.

Yesus mengusir keluar setan dari orang bisu itu. Orang bisu itu bisa berbicara kembali.  Dia menemukan kembali kegembiraan.

Tidak cukup itu saja, dalam Injil dikatakan bahwa Yesus juga berkeliling untuk mengajar mengenai Kerajaan Allah, menolong orang untuk melenyapkan penyakit dan kelemahan.

Dengan kata lain Yesus melakukan begitu banyak hal bagi orang lain. Akan tetapi, seberapa besar kasih Yesus kepada orang-orang lemah tetaplah tangannya tidak mampu menggapai semua.

Itulah sebabnya Yesus berkata mintalah kepada tuan yang empunya tuaian supaya ia mengirim pekerja-pekerja untuk tuaian itu.

Yesus sadar betul untuk menolong orang-orang lemah butuh banyak orang.  Siapakah orang-orang itu? Kitalah orang-orang itu. Saudara dan saya.

Kita semua adalah perpanjangan belas kasih Yesus saat ini. Maka sebagaimana Yesus menolong orang dengan apa yang Ia miliki, yaitu kuasa dari Bapa untuk menyembuhkan, mengusir setan, mengajar dan tindakan-tindakan lainnya, kita pun dipanggil untuk melakukan tindakan yang sama dengan apa yang Tuhan telah berikan kepada kita.

Mungkin kita tidak punya kemampuan untuk menyembuhkan tetapi kita diberi rahmat memiliki waktu untuk mendengar keluh kesah orang lain.

Kita mungkin tidak memiliki kelebihan materi untuk membantu tetapi Tuhan memberi kita kemampuan untuk berbicara kepada orang lain membantu sesama.

Kita membantu dengan apa yang Tuhan telah anugerahkan kepada kita.  Perasaan belas kasih baik tetapi mengungkapkannya dalam tindakan itu jauh lebih baik, dan untuk itu tidak perlu berpikir yang besar-besar tetapi lihatlah apa yang Tuhan anugerahkan kepada kita, apa yang kita miliki, dan mulailah bertindak dengan hal tersebut.

Menunjukkan belas kasih tidak perlu berpikir banyak tetapi bertindak mulai dari hal-hal yang amat sederhana bagi sesama yang ada di sekitar kita tanpa ragu-ragu.

Ibadah sabda dimulai pukul 19.00 Wita dimana umat yang hadir sebanyak 12 orang.

ibadah sabda di laksanakan di Perumahan Green Hill.

Setelah ibadah dilanjutkan pengumuman Wilroh serta ucapan terima kasih kepada pemimpin ibadah, tuan rumah dan umat yang hadir oleh Ketua Wilroh, Bapak Albert Supit.(Komsos Wilroh St Carolus Boromeus, Albert Supit)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini