Closing Ceremony Layanan Kemanusiaan Pasca Bencana Palu

0
300

Dalam rangkaian kegiatan Closing Ceremony Program EA 06/2021 di Palu yang diselenggarakan di Aula Paroki Santa Maria Palu pada tanggal 07 Juli 2022. Dalam sambutan Direktur Caritas PSE Manado Pastor Bernadus I Wayan Sugiarta, Pr mengatakan bahwa “Pertemuan ini pertama merupakan ucapan syukur atas pencapaian Pasca Bencana 2018 lalu, dan sekaligus penyampaian informasi program layanan kemanusiaan Caritas Indonesia, Caritas Internasionalis dan Caritas PSE Manado. Selamat mengikuti, tetap sehat dan tetap bahagia salam belarasa,” tegas Pastor Wayan.

Bapa Uskup membawakan sambutan

Pastor Freddy Rante Taruk, Pr selaku Direktur Eksekutif Caritas Indonesia juga menyampaikan sambutannya bahwa Caritas Indonesia, “Caritas Internasionalis dan Caritas PSE Manado adalah jaringan. Lembaga Kemanusiaan Caritas adalah jaringan lembaga terbesar di dunia. Implementasi pelayanan kemanusiaan ini berjenjang sampai ke Paroki.” Pastor Freddy juga menambahkan bahwa “2030 pemikiran global tentang dunia, krisis yang utama yaitu krisis pangan akibat dampak pandemi. Program EA (Emergency Appeal) 06/2021 yang ada di Palu ini merupakan bentuk respon tertinggi dari Roma. Total dana yang digunakan 51M yang tercatat dalam laporan resmi belum sumbangan umat, pemberian dari para donatur, kerelaan lainnya dll. Pelatihan kebencanaan penting walaupun prakteknya belum dilakukan tapi prinsipnya konsepnya arus ada dan dimengerti oleh masyarakat.”

Disamping itu diberi kesempatan juga untuk penerima manfaat membagikan sharingnya tentang pelayanan Caritas di Desa Apemaliko, Salah satu masyarakat mengatakan “Terima kasih kepada Caritas yang sudah membantu kami melewati semua ini. Kami mewakili seluruh penerima manfaat mengucapkan banyak terima kasih. Khususnya bantuan yang telah diterima oleh masyarakat di Kampung Uetuah Desa Ape Maliko.

Pasca gempa banyak bantuan yang kami terima. Tapi untuk bantuan fisik kami sangat berterima kasih kepada Caritas karena mendapatkan hunian yang layak dan sarana lainnya. Harapannya; apa yang sementara berjalan di Desa Ape Maliko bisa berlanjut dengan baik kedepannya.”

Para undangan mengikuti acara penutupan

Demikian juga Perwakilan dari Bupati Kabupaten Sigi mengucapkan Apresiasi dan terima kasih kepada Caritas PSE Manado. Bantuan yang sudah diberikan kepada masyarakat Kabupaten. Sigi merupakan bukti nyata. Pemerintah selalu mensupport bantuan untuk masyarakat. Pemerintah akan terus berupaya mencari solusi agar masyarakat bisa mendapatkan bantuan. Terima kasih kepada seluruh pihak khususnya Caritas PSE Manado yang telah memberikan bantuan fisik kepada masyarakat di Palu ini.

Akhirnya bapa Uskup menutup dalam sambutannya menyampaikan “Kita adalah gambaran konkrit Allah. Lewat peristiwa bencana ini, kita diingatkan akan rancangan abadi Tuhan dan gambar Allah yang konkrit. Spirit yang pasti itu akan membawa manfaat bagi banyak orang. Kita melihat kemuliaan Allah lewat layanan Caritas ini. Gerakan ini harus ada kesinambungannya dan tidak hanya berhenti sampai disini saja pasca bencana. Terima kasih untuk kebersamaan berjalan bersama ini.” (mD)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini