Devosi Rosario di Wilayah Rohani Santa Ursula, Umat Diingatkan Soal Panti Imam

0
189
Ketua Wilayah Rohani Sta Ursula GPI membawakan katakese.

Dalam setiap usai ibadah devosi doa Rosario bulan Mei ini, umat mendapat katekese sederhana. Seperti halnya di Wilayah Rohani Santa Ursula, GPI, yang dilaksanakan di Keluarga Sulistiyo Tinungki, Jumat (24/05/2024) umat diingatkan soal Panti Imam dalam gereja.

Usai memimpin ibadah, Ketua Wilayah Rohani ibu Vivi Pamikiran mengungkapkan Panti Imam adalah ruang mahasuci atau sanctuarium. “Panti Imam adalah bagian utama dari ruangan dalam gereja, merupakan tempat para tertahbis seperti Uskup, Imam dan Diakon, menjalankan tugas pelayanan kepada umat Allah sesuai dengan tingkatannya,” tutur ibu Vivi membawakan katakese.

Lanjutnya unsur utama sebuah gedung gereja yang terletak di Panti Imam adalah Altar. Karena Altar adalah pusat gereja yang adalah Kristus sendiri sejak diurapi dengan minyak Krisma oleh Uskup.

Menurutnya perlengkapan yang harus berada di Panti Imam yaitu Salib dengan Corpus (tubuh Yesus yang tergantung) dan kredensa sebagai tempat meletakkan perlengkapan liturgis. Salib dengan Corpus harus nampak jelas dan lengkap sebagai simbol sengsara Yesus dan dapat dilihat oleh seluruh umat di dalam Panti Umat.

“Selain Panti Iman sebagai ruang inti, ada ruangan-ruangan lain yang penting yaitu tempat untuk umat beriman, tempat paduan suara dan alat musik, tempat pelayan liturgis tidak tertahbis, tempat tabernakel, tempat patung kudus, tempat devosi tidak permanen, panti baptis atau baptisterium, ruang pengakuan, Sakristi, sumur suci atau sakrarium,” ungkap ibu Vivi, seraya menambahkan ruangan lain yang diperlukan sesuai kebutuhan di antaranya menara dan lonceng gereja, ruangan untuk anak-anak ibu menyusui dan ruang kontrol audio dan video.(Roy)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini