Doa Rosario Bawa Kekuatan Dalam Kehidupan dan Pembaharuan Gereja

0
160

Memasuki Bulan Rosario, umat Wilayah Rohani (WR) Sta Theresia Avila mulai berdevosi kepada Bunda Maria melalui Doa Rosario dari ke rumah. Diawali dengan pembukaan Bulan Rosario yang dilaksanakan di Gua Maria Lourdes Paroki St. Mikael, Perkamil.

Dan pada tanggal 1 Oktober 2022, Ibadah Rosario di Kel. Maitimo – Tungka, kemudian pada hari Minggu dilanjutkan di Kel. Soewarno – Liem, hari yang ke 3 ada rosario bersama di gereja yg disatukan dengan Ibadah Rayon 1.

Dalam doa rosario bersama ini doa yg dipakai adalah Doa Rosario Fransiskan dimana pada tgl 3 ini adalah peringatan Transitus St Fransiskus Asisi dan diakhiri dengan penutupan Novena St. Fransiskus Asisi.

Doa rosario dari rumah ke rumah dilanjutkan lagi pada hari ke 4 yg bertempat di Keluarga Pelealu – Sia.

Di setiap doa rosario, kami memakai buku Panduan Rosario yg di terbitkan oleh KomKat Keuskupan, Doa Rosario Misioner. Bulan Oktober ini ditetapkan sebagai Bulan Misi 2022 dimana dalam rangka proses Sinode Gereja Universal yang berpuncak pada bulan Oktober 2023.

Ibadat Rosario dimulai dengan perarakan para Rasul – rasul, Rasul Cilik yaitu anak anak Sekami, Rasul Ekaristi anak anak yang sudah menerima Komuni atau anak remaja dan Rasul Rosario adalah anak anak yang sudah memasuki kategori OMK.

Mereka membawa Arca Bunda Maria dan lilin kemudian mereka berarak sambil menyanyikan lagu ‘Aku Bangga Jadi Anak Katolik’ sampai depan pintu rumah mereka memberikan salam kepada tuan rumah dan dibalas oleh tuan rumah sambil mengambil arca dan lilin yang di arak.

Makna dari perarakan ini adalah menekankan aspek synodal gereja dan aspek misioner. Dan masuk dalam ibadah Rosario dimana ujud doa rosario setiap malam adalah untuk perdamaian dunia dan pemulihannya. Selain itu juga kita saling mendoakan keluarga yang kita kunjungi, umat dan paroki kita.

Kekuatan doa Salam Maria yang kita doakan setiap hari membawa makna yang sangat berarti dimana doa rosario ini kita dedidkasikan untuk proses sinode agar dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan buah buah pembaharuan dalam gereja sesuai dengan bimbingan Rih Kudus. Semoga Bunda Maria selalu mendoakan kita yang berlindung kepadaNya.(KomsosWRStaTheresiaAvila, Meidy Paulus/mvr)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini