Frater Diosis Manado Latihan Jurnalistik

0
114

KOMSOS MANADO – Mengakhiri bulan September 2022, Unio Frater Diosesan Keuskupan Manado menyelenggarakan kegiatan pelatihan Jurnalistik dan Digital Learning dalam kerja sama dengan Komisi Komsos Keuskupan Manado.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membangun orientasi dan pemahaman akan karya pastoral Keuskupan bagi para calon imam. Supaya sejak awal ditanamkan pemahaman akan peran dan fungsi para pemimpin umat dalam menunaikan reksa pastoral Keuskupan.

Dalam kesempatan ini, Ketua Komisi Komsos Keuskupan Manado, RD. Yohanes I Made Pantyasa berkenan memberikan orientasi mengenai karya pastoral Keuskupan Manado dengan menjelaskan selayang pandang tugas dan fungsi Pusat Pastoral Keuskupan Manado. Setelahnya dilanjutkan dengan kegiatan pemaparan materi dan pendalaman oleh para wartawan yang tergabung dalam Tim Jurnalis Katolik Keuskupan Manado.

Mereka membagikan pemahaman mereka tentang kiat-kiat menyampaikan suatu informasi yang dikemas menjadi sebuah berita. Hal ini merupakan sebuah pembelajaran dan pengetahuan yang perlu dikembangkan dan diperdalam oleh para calon imam sebagai seorang pewarta. Pewartaan iman yang diajarkan bisa disalurkan lewat pelbgai cara, salah satunya dengan media massa. Hal ini membawa konsekuensi akan pentingnya literasi digital yang cukup dan berimbang agar berita yang disampaikan sungguh kredibel.

Mengingat banyak fenomena kekinian yang cenderung mengabarkan tentang berita bohong, ujaran kebencian, cyber crime, dan informasi-informasi yang merugikan banyak pihak. Tidak jarang masalah-masalah yang muncul terjadi karena kelalaian dan kesalahan diri sendiri yang menyebabkan kerugian akibat kurangnya pemahaman.

Karena itu, kegiatan pelatihan ini membantu para calon imam diosesan Keuskupan Manado untuk memiliki pemahaman mendasar tentang Jurnalistik dan literasi digital demi suatu visi besar dalam rangka mengembangkan karya pastoral Keuskupan Manado.

Di akhir acara dilaksanakan sesi tanya jawab yang kemudian membawa solusi bagi terpenuhinya usaha pengembangan jurnalisme, yakni setiap tulisan, artikel, opini atau berita dan lain sebagainya akan difasilitasi oleh Komisi Komsos untuk selanjutnya diteruskan kepada para jurnalis yang ada di media cetak maupun media online agar dapat dipublikasi. Sehingga tulisan dari para calon imam sungguh membawa warta gembira bagi banyak orang. Kegiatan ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi bersama di Kapela Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng. (Fr. Yanto Kansil)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini