HUT dan Peringatan 40 Hari Didoakan Dalam Ibadah Rosario WR Sta Ursula

0
153

Bulan Rosario, diawali umat Wilayah Rohani (WR) Sta Ursula bersama umat WR lainnya, bertempat di Gua Maria Lourdes Paroki St Mikael Perkamil Manado, Jumat (30/10/2022).

Ibadah tanggal 1 Oktober dimulai dengan mengunjungi keluarga Zakawerus Paseru yang juga Ketua WR St Ursula, Debby Paseru.

Ibadah ini sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48, Ketua Debby yang sehari-hari selaku Wakil Rektor 1 Unika De La Salle Manado. Ibadah dipimpin Kartini Marintja.

Jumlah keluarga di WR sebanyak 15 sehingga hari minggu, tanggal 2 Oktober 2022 tidak ada jadwal ibadah Rosario.

Pada Senin, 3 Oktober 2022, dilaksanakan ibadah Rosario dan ibadah syukur HUT, bertempat pada keluarga Sakul Simbala.

Ibadah Rosario dipimpin Agnes Loho dan ibadah syukur HUT Fietzya Marabella Sakul ke 8 tahun, dipimpin Frater Diakon Marciano Pantow.

Rabu, 4 Oktober 2022, jadwal ibadah Rosario pada keluarga Lompoliu Soemantri digantikan dengan Misa 40 Hari almarhum Florentina Margaretha Nurwulan Sumantrie.

Misa dilaksanakan di keluarga Tuegeh Lompoliu, dengan alamat Kolongan Reko Atas, kecamatan Kalawat, Minahasa Utara, Sulut.

Kolongan Reko Atas, masuk dalam WR Lusia, paroki Santa Ursula Watutumou, Kalawat, Minut. Misa dipimpin Pastor Anton Tukiran, MSC.

Dalam renungannya Pastor Anton mengatakan, umat hadir dalam misa peringatan ini untuk mengenangkan semua yang baik yang telah dilakukan almarhum bagi dirinya, keluarga dan gereja serta orang disekitarnya.

“Keluarga mengucap syukur atas perjuangan hidup selama 74 tahun almarhum didunia, yang juga telah memberi teladan iman yang baik bagi anak dan cucu serta cece”, tutur Pastor Anton.

Lanjutnya, dalam injil angka 40 memiliki arti yang mendalam seperti, Yesus menjalani puasa 40 hari 40 malam, Yesus mati di kayu salib dan menampakan diri selama 40 hari kepada para murid.

“Setelah 40 hari Yesus menampakan diri kepada para rasul, akhirnya Yesus naik ke surga. Bersatu kembali dengan Tuhan adalah tujuan hidup kita”, tandasnya.

Mengenai doa Rosario menurutnya, merupakan doa meditatif, ke lima peristiwa bertujuan untuk direnungkan sepanjang 10 Salam Maria, dan doa berikutnya, boleh disisipkan doa umat beriman atau wujud-wujud.

Pada Kamis, 5 Oktober 2022, dilaksanakan ibadah Rosario, bertempat pada keluarga Runtulalo Loho sekaligus ucapan syukur HUT ke 24 dari saudara Frangky Runtulalo.

Ibadah dipimpin Man V Repi dan dihadiri oleh 16 umat.

Usai Rosario dilanjutkan dengan acara peniupan lilin HUT yang dipandu oleh Novita Simbala.

Usai saudara Frangky mendoakan harapan-harapannya dan mengucap terima kasih kepada ibunya Agnes Loho dan teman dekatnya serta umat semuanya, kemudian lilin HUT ditiup.(KomsosWRStaUrsula, Kartini Marintja/mvr)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini