HUT Ing Pongoh Sekaligus Ibadah Rosario WR Sta Ursula

0
124

Hari Ulang Tahun (HUT) ibu Ing Pongoh dilaksanakan sekaligus dengan ibadah WR Sta Ursula, Paroki St Mikael Perkamil Manado, Sabtu (6/5/2023).

Ibadah dipimpin ibu Kartini Marintja yang membacakan bacaan liturgi dari Injil Yohanes 14:7-14. ‘Barangsiapa melihat Aku, melihat Bapa.’

Kemudian dilanjutkan dengan ibadah Rosario yang dibawakan secara bergilir oleh 17 umat yang hadir.

Usai Ibadah Rosario, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan peniupan lilin HUT, setelah itu ‘jamuan kasih’ bersama.

Disampaikan juga Katekese hari Sabtu, yaitu: 1. Apa makna gedung gereja bagi Gereja Katolik? Gereja menyebut bangunan gereja sebagai rumah Allah (domus De) sekaligus rumah Ekaristi Suci (domus Eucharistica). Sejarah mencatat bahwa kebutuhan Umat beriman akan bangunan atau ruangan yang dikhususkan untuk kegiatan liturgi, bahkan bangunan yang didedikasikan untuk kegiatan ibadat tersebut diberi nama “rumah Gereja” (domus Ecclesiae).

2. Manakah tiga unsur utama ruangan dalam gereja? Unsur-unsur ruangan dalam utama memiliki pola tiga bagian, yaitu serambi dalam (nartheks), panti umat (ruang suci, nave) dan panti Imam (ruang mahasuci, sanctuarium).

3. Ruangan pokok yang mesti hadir di dalam sebuah gereja adalah Panti Imam. Manakah unsur-unsur pokok yang harus ada di dalam Panti Imam? 1. Altar. 2. Mimbar (Ambo). 3. Kursi Imam (Sedelia).4. Pelataran di depan Altar. 5. Meja perlengkapan (kredensa).(KomsosWRStaUrsula, Kartini Marintja)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini