HUT Kemerdekaan  RI, 14 Bunda Teresa dari Calcutta Hadir di GPI

0
205
14 Bunda Teresa Dari Calcuuta hidup meramaikan rangkaian kegiatan pesta pelindung Paroki Bunda Teresa dari Calcutta, GPI.

14 Bunda Teresa dari Calcutta hadir di perumahan Griya Paniki Indah (GPI), Kecamatan Mapanget, Kota Manado, pada HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. Kemunculan para Bunda Teresa dari Calcutta ini dalam defile yang merupakan rangkaian peringatan pesta pelindung Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI, Rabu (17/08/2022).

Defile yang diikuti 14 dari 17 wilayah rohani Paroki Bunda Teresa dari Calcutta ini dilepas dari kompleks persekolahan Santa Theresia GPI kemudian memutar di komplek lapangan Futsal kemudian finish di gereja paroki ke 73 Keuskupan Manado ini. Ke 14 Bunda Teresa ini paling muda berusia 6 tahun, sedangkan paling tua berumur 70-an tahun. Para Bunda Teresa dari Calcutta ini tampil mengenakan kostum putih dengan bis berwarna biru khas pakaian Mother Teresa yang terlahir dengan nama Anjezë Gonxhe Bojaxhiu pada 26 Agustus 1910 di Skopje, Albania. Selain itu tiap wilayah rohani juga nampak membawa bendera merah putih dan  mengenakan berbagai kostum termasuk kostum adat dan Tarian Kabasaran.

Defile Bunda Teresa hidup salah satu Wilayah Rohani memasuki halaman gereja.

Tak sekedar mengenakan busana tersebut namun, ke-14 Bunda Teresa yang berjalan bersama umat wilayah rohani masing-masing ini juga harus mengetahui tentang spiritualitas Santa yang dibeatifikasi pada 19 Oktober 2003. Bahkan di finish, 14 Mother Teresa ini harus menjawab beberapa pertanyaan dari Pastor Paroki Bunda Teresa dari Calcutta Pst. Petrus Tinangon PR seputar Santa Teresa dari Calcutta yang meninggal pada 5 September 1997 dan spiritualitasnya.

Peserta defile Bunda Teresa hidup memasuki lokasi finish.

Kegiatan defile tersebut juga diramaikan dengan lomba yel-yel antar wilayah rohani dan bintang vokalia lagu bertema semangat kemerdekaan RI.

Menurut Ketua Panitia Pesta Pelindung Agustinus Jehosua bahwa defile Bunda Teresa Hidup ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Pesta Pelindung Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI pada 5 September. “Untuk tahun ini acara puncak akan dilaksanakan Perayaan Ekaristi pada Minggu 11 September 2022. Defile ini untuk mempererat umat maupun pengurus antar wilayah rohani, stasi yang tergabung dalam Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI,” sebut Jehosua.(Roy)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini