Ibadah Rosario WR St Ursula Di Tepi Jalan Utama, Umat Harus Menguatkan Volume Suaranya

0
141

Ibadah Rosario Wilayah Rohani (WR) St Ursula, Paroki St Mikael Perkamil Manado, bertempat pada keluarga Repi-Assa, Kamis (4/5/2023).

Posisi rumah keluarga ini berada di tepi jalan raya sehingga 17 umat yang mendoakan ‘Salam Maria’ harus menguatkan volume suaranya agar dapat terdengar oleh umat lainnya karena ramainya suara kendaraan yang lewat.

Pemimpin ibadah ibu Novita Simbala, sebelum berdevosi kepada bunda Maria, di awali dengan ibadah sabda singkat. Mendengarkan Injil Tuhan, dan berdevosi kepada bunda Maria.

Di akhir Devosi pemimpin memberikan Katekese, Kesenian Liturgi adalah seni Kudus. Apa artinya? Artinya Senin yang ada dalam liturgi, baik lagu, patung, bangunan dan ornament lainnya semuanya menjadi cara manusia untuk mewartakan kemuliaan Allah, sekaligus membantu memperdalam iman dan kesucian umat, dan menjadi sarana mengangkat hati kepada Allah.

Seni liturgi sebagai seni kudus haruslah memancarkan 3 aspek utama yaitu Martabat (dignae), Semarak (decorae), dan Indah (pulchrae).

Apa yang terkandung dalam aspek seni liturgi yang sesuai dengan martabatnya? Seni liturgi haruslah 1) menjadi tanda dan lambang alam surgawi. 2) mendukung kesucian gereja dengan berbagai ritusnya. 3) mendukung liturgi dan devosi yang diperagakan. 4) sesuai dengan kesalehan dan kesusilaan kristiani. 5) mendukung partisipasi aktif umat beriman. 6) kwalitas dan orentisitasnya terjamin. 7 memenuhi prinsip nobili simplicitate (keanggunan yang sederhana).

Dibagian akhir, pengumuman di sampaikan oleh Ketua WR St Ursula, Ibu Deibby Paseru. Dan pengambilan Dokumentasi, di koordinir oleh Bapak Man Repi, dan ibu Kartini Marintja.(Komsos WR St Ursula, Vinilia Etlegar)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini