Ibadah Rosario WR St Ursula, Disampaikan Katakese Gedung Gereja

0
169

Pembukaan Ibadah Rosario Wilayah Rohani (WR) St Ursula, Paroki St Mikael Perkamil Manado, bertempat pada keluarga Mumu Kopong, Senin (1/5/2023).

Pemimpin ibadah, ibu Debby Paseru membuka ibadah dengan salam, Tanda Salib, sapaan, doa tobat, doa pembukaan.

Doa Rosario diawali dengan membaharui iman dan kepercayaan kepada Allah seraya mengucapkan Syahadat Singkat/ Aku Percaya.

Bacaan Injil sesuai bacaan liturgi 1 Mei 2023, dari Yohanes 10:11-18. Hadir sebanyaknya 13 umat.

Katekese : 1. Apa makna gedung gereja bagi Gereja Katolik?
Gereja menyebut bangunan gereja sebagai rumah Allah (domus Del) sekaligus rumah Ekaristi Sud (domus Eucharistica). Sejarah mencatat bahwa kebutuhan Umat beriman akan bangunan atau ruangan yang dikhususkan untuk kegiatan liturgi, bahkan bangunan yang didedikasikan untuk kegiatan ibadat tersebut diberi nama “rumah Gereja” (domus Ecclesiae).

2. Manakah tiga unsur utama ruangan dalam gereja? Unsur-unsur ruangan dalam utama memiliki pola tiga bagian, yaitu serambi dalam (nartheks), panti umat (ruang suci, nave) dan panti Imam (ruang mahasuci, sanctuarium).

3. Ruangan pokok yang mesti hadir di dalam sebuah gereja adalah Panti Imam Manakah unsur-unsur pokok yang harus ada di dalam Panti Imam? 1. Altar. 2. Mimbar (Ambo). 3. Kursi Imam (Sedelia). 4. Pelataran di depan Altar 5. Meja perlengkapan (kredensa).(Komsos WR St Ursula, Kartini Marintja & Nueva Doodoh)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini