Kebersamaan Uskup Dengan Umat Paroki Dumoga

0
390
Uskup di Paroki Dumoga
Foto bersama Conselebrantes dan PPA
uskup dijemput di dumoga
Dijemput umat

Minggu, 17 September 2017, Sesudah memimpin Perayaan Ekaristi, yang berlangsung meriah dan penuh khidmat di Gereja Paroki Kristus Raja Kotamobagu, Mgr. Rolly Untu, msc, bertolak ke Paroki Maria Pengantara, Dumoga. Sebagaimana di Kotamobagu, bapa uskup disambut dengan penuh sukacita, oleh Pastor Novry Korompis, pr, DPP bersama seluruh umat.

Kebersamaan uskup dan mat
Perayaan Ekaristi

 

Sesudah sejenak beristirahat, bapa uskup didampingi, Pstr. Novry Korompis, pr, Pst. Berty Tiow, msc dan Fr. Diakon Marson Pungis, merayakan Ekaristi bersama umat di Gereja Tambun. Dalam Perayaan Ekaristi bapa Uskup berkenan memberikan Komuni Pertama kepada 67 anak yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Dalam kotbah yang dibawakan dengan gaya dialog agar anak-anak mudah memahaminya, berangkat dari pengalaman anak-anak yang makan dan minum supaya cepat besar, uskup Rolly mengajar anak-anak untuk ingat bahwa makan nasi, ikan sayur itu hanya supaya tubuh jasmani bertumbuh dan cepat besar. Makanan jasmani belum cukup, perlu juga santapan rohani.

Menerima hosti kudus adalah santapan rohani. Mereka menerima dan bersatu dengan tubuh Kristus. Dengan menerima Tubuh Kristus berarti Tuhan hadir dalam diri mereka. Dan bapa uskup menegaskan bahwa Komuni Kudus adalah pemberian terbesar Tuhan untuk kita semua. Karena itu sambut Tubuh Tuhan sungguh memberikan nutrisi dan energi rohani dalam membentuk pribadi yang bersatu dengan Kristus.

Bapa uskup mengingatkan seluruh umat untuk mensyukuri kehadiran Tuhan dalam Ekaristi dan dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran Tuhan adalah tanda pemberian diriNya. Karena itu setiap umat diharapkan mampu bersyukur dan memberi dirinya kepada orang lain. Menutup renungannya bapa uskup menyentil motto tahbisannya dan mengajak seluruh umat untuk bersyukur karena boleh melihat Terang dari Tuhan dan boleh sama-sama melihat terang itu.

Sesudah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah-tamah penuh sukacita. Pastor Novry Korompis, pr, pastor paroki, Maria Pengantara, Dumoga mengungkapkan rasa terima kasih dan ucapan syukur atas kunjungan bapa uskup ke Parokinya, apalagi berkenan memimpin perayaan Ekaristi penerimaan komuni pertama bagi anak-anak di parokinya. Bagi Pastor Novry, kunjungan pastoral ini menjadi tanda cinta dan perhatian Bapa Uskup kepada umat di dataran Dumoga. Semoga kunjungan ini menguatkan iman dan memberi semangat baru bagi seluruh umat. Sementara itu Fr. dkn. Marson Pungis, pr menyatakan betapa seluruh umat bersukacita atas kunjungan pertama Bapa Uskup, yang turut dimeriahkan dengan lagu-lagu dari Manado Catholic Choir ini.

 

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini