“Kesadaran Ekologis”

0
189
Panitia dan peserta BC 2017

BIBLE CAMP XII SISWA-SISWI KATOLIK SE-KEUSKUPAN MANADO

Bible Camp Siswa-Siswi Katolik adalah kegiatan pendalaman Kitab Suci bagi siswa-siswi Katolik se-Keuskupan Manado, yang setiap tahunnya diprogramkan oleh Komisi Kitab Suci Keuskupan Manado. Kegiatan ini dipercayakan kepada para frater yang tergabung dalam Kelompok Kerasulan Kitab Suci (KKKS) Biara Hati Kudus Skolastikat MSC Pineleng. Pada tanggal 12-14 Mei 2017, sejak hari Jumat siang sampai dengan hari Minggu siang, telah dilaksanakan kegiatan Bible Camp Siswa-Siswi Katolik yang ke-12, di kompleks Wisma Lorenzo, Lotta, Kabupaten Minahasa, dengan tema: Keluarga Berwawasan Ekologis.

Kegiatan ini bisa terlaksana berkat kerja sama yang baik dari panitia, dukungan nyata dari Komisi Kitab Suci Keuskupan Manado, persetujuan dari para kepala sekolah dan orang tua, perhatian guru-guru pendamping, kehadiran siswa-siswi peserta, serta bantuan dana dan sarana prasarana dari para donatur yang sangat peduli akan kegiatan-kegiatan pendampingan dan pembinaan kaum muda. Panitia BC 2017 ini diketuai oleh Jason Masing (Siswa SMA Katolik Frater Don Bosco Manado), bersama wakilnya, Shirleen Palar (Siswi SMA Kristen Eben Haezar Manado), dalam koordinasi dengan para frater MSC yang secara umum dikoordinir oleh fr. Christian Reza MSC. Kegiatan BC 2017 ini diikuti oleh 250 siswa/i dari 25 sekolah yang ada di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Kegiatan hari pertama (12/5) dibuka dengan registrasi peserta yang dimulai sejak pukul 14.00 WITA. Ibadat pembuka BC 2017 dipimpin oleh fr. Sandro Pinangkaan MSC. Kegiatan selanjutnya ialah perkenalan para peserta dan pembagian kelompok yang dipandu oleh Koordinator Seksi Acara BC 2017, fr. Carol Sompotan MSC. Para peserta dibagi ke dalam 35 kelompok yang rata-rata terdiri dari 7 orang peserta. Setiap kelompok selalu didampingi oleh satu orang fasilitator. Setelah makan malam, para peserta mengikuti Katekese Ekologis yang dibawakan oleh Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Manado, Pastor Ventje Runtulalo Pr. Seluruh peserta dan panitia BC 2017 menutup kegiatan hari pertama ini dengan Adorasi Sakramen Mahakudus yang dipimpin oleh Pastor Alexander Sisko MSC. Doa Adorasi Sakramen Mahakudus berjalan dengan amat khusyuk. Seluruh peserta berlutut khidmat menyembah Kristus dalam Sakramen yang Mahakudus.

Kegiatan hari kedua (13/5) dibuka dengan meditasi alam yang dipimpin oleh fr. Benny Rahangmetan MSC dan Misa Pagi yang dipimpin oleh Moderator Kelompok Kerasulan Kitab Suci (KKKS) Biara Hati Kudus Skolastikat MSC Pineleng, Pastor Timoteus Ata Leu Ehaq MSC, di halaman paving Wisma Lorenzo Lotta. Setelah makan pagi, fr. Sandro Pinangkaan MSC menghantar seluruh peserta untuk masuk ke dalam Sesi Bible Sharing dengan metode 7 langkah: berdoa, membaca perikop, memilih kata-kata yang menyentuh hati, membiarkan Tuhan berbicara melalui kata/kalimat yang menyentuh, berbagi, merencanakan tugas/aksi bersama, dan berdoa secara spontan. Setelah break, fr. Hardaely Palloan MSC menghantar para peserta untuk masuk ke dalam Sesi Bibliodrama atau dramatisasi kisah dalam Kitab Suci. Untuk memperlancar proses Bibliodrama dalam masing-masing kelompok, Tim Fasilitator BC 2017 menampilkan dramatisasi kisah Injil Luk. 10:25-37 tentang Orang Samaria yang baik hati. Setelah membaca perikop, menentukan peran, dan mendramakan kisah Kitab Suci, para peserta diminta untuk berbagi perasaan dan pengalaman nyata mereka dalam kelompok masing-masing. Setelah sesi Bibliodrama, panitia memberikan waktu kepada para peserta untuk mempersiapkan yel-yel dan atraksi.

Setelah makan siang, para peserta masuk ke dalam sesi selanjutnya, yakni Eco-Journey (Perjalanan Ekologis). Frater Tosman Manunwembun MSC dan fr. Filips Tinangon MSC memberikan pengantar sebelum para peserta menempuh perjalanan ke tempat tujuan yang telah ditetapkan oleh panitia. Sebanyak 10 kelompok berjalan ke kompleks Biara Skolastikat MSC Pineleng, 10 kelompok lain berjalan ke kompleks Sentrum Agraris Lotta (SAL), 10 kelompok lainnya lagi berjalan ke Taman Rambutan Kel. Bpk. Markus Palantung-Pangkey, dan 5 kelompok lainnya berjalan ke Biara Suster DSY Savelberg Lotta. Di tempat-tempat tujuan tersebut, para peserta mengadakan meditasi alam, sharing pengalaman ekologis, dan tindakan ekologis konkret tertentu, seperti mengangkat sampah dan memindahkannya pada tempat yang tepat.

Pada pukul 16.45 WITA, kegiatan berlanjut dengan pemberian Katekese tentang Makna Sakramen Rekonsiliasi oleh Pastor Timo MSC dan Sesi Pengantar Tobat dari fr. Ardi Watuseke MSC. Setelah itu, sambil para peserta dipandu untuk berdoa Rosario bersama, beberapa peserta mengadakan konseling pribadi dengan para frater tingkat IV, V, dan VI. Banyak juga peserta yang  menerima Sakramen Pengakuan Dosa dari para pastor yang melayani, yakni Pastor Anton Tukiran MSC, Pastor Alexander Sisko MSC, Pastor Hubertus Berry MSC, dan Pastor Timoteus Ata Leu Ehaq MSC. Setelah makan malam, para peserta menampilkan yel-yel dan atraksi yang telah mereka persiapkan sejak siang hari. Tidak ketinggalan panitia BC 2017 turut menampilan atraksi yang memukau. Kegiatan sepanjang hari ini ditutup dengan doa malam dan perayaan kebersamaan di hadapan api unggun. Sejumlah kayu dan dedaunan kering dibakar demi kebersamaan seluruh peserta dan panitia BC 2017. Sudah sepantasnya manusia membalas kebaikan mereka, melalui tindakan reboisasi dan pelestarian alam.

Kegiatan hari ketiga (14/5) dibuka dengan outbound. Sebanyak 9 permainan kelompok disiapkan oleh panitia untuk membangun kebersamaan dan kekompakan masing-masing kelompok. Semua peserta sangat menikmati kegiatan outbound yang dimulai sejak pagi hari ini. Setelah mandi dan makan pagi, para peserta mengikuti presentasi materi dari fr. Bill Lira MSC. Para peserta kemudian diarahkan untuk masuk ke dalam kelompok sekolah masing-masing untuk mengadakan Bible Sharing dan membahas follow up kegiatan BC 2017 di sekolah mereka masing-masing. Kegiatan selanjutnya ialah pengumuman Ketua Angkatan dan Wakil Ketua Angkatan Bible Camp tahun 2018, serta Prince & Princess BC 2017, oleh koordinator Tim Fasilitator, yakni fr. Krisanto Reyaan MSC. Gabriel Galuanta (SMK Negeri 2 Manado) terpilih sebagai Ketua Angkatan BC 2018, bersama Jonathan Maridjan (SMA Katolik Frater Don Bosco Manado) sebagai Wakil Ketua Angkatan BC 2018. Cliford Sumarjo (SMA Negeri 1 Manado) terpilih sebagai Prince BC 2017 dan Pricilia Juliana Sambur (SMK Katolik Santa Familia Tomohon) terpilih sebagai Princess BC 2017. Seluruh kegiatan BC 2017 akhirnya ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Timoteus Ata Leu Ehaq MSC. Dalam khotbahnya, Pastor Timo menegaskan bahwa proses penanganan masalah-masalah ekologi, tidak hanya berhenti pada perbuatan mengangkat sampah, tapi terutama pada perubahan mental manusia. Para peserta diajak untuk turut berubah dan mengubah sesamanya. Kegiatan BC 2017 dengan tema Keluarga Berwawasan Ekologis diharapkan mampu membangkitkan kesadaran ekologis dari seluruh peserta dan panitia, serta mendorong semua pihak untuk turut menyelamatkan bumi. Setelah makan siang para peserta merapikan perlengkapan masing-masing dan meninggalkan tempat kegiatan BC 2017, sementara itu, panitia masih tinggal di kompleks Wisma Lorenzo untuk bersama-sama merapikan tenda dan membersihan lingkungan.

Bible Camp Siswa-Siswi Katolik ke-12 tahun 2017 ini sangatlah menarik dan mengesankan. Ada banyak pengalaman dan pengajaran bermakna yang dialami serta diterima baik oleh setiap peserta maupun oleh anggota panitia BC 2017. Semuanya akan berbuah dalam kehidupan masing-masing peserta dan panitia!

Ditulis oleh fr. Carol Sompotan MSC

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini