KOMSOS Family Gathering: Merajut Kebersamaan dalam Perayaan Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-58

0
84

Tomohon, 11/05/2024 – Hari ini, Paroki St. Antonius Padua Taratara menjadi saksi atas momen hangat dan bersemangat dalam acara KOMSOS Family Gathering Keuskupan Manado, sebuah perayaan istimewa yang memperingati Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-58. Acara Komsos FG ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 11 -12 Mei 2024.

Para peserta mulai memadati Aula Paroki sejak pukul 12 siang untuk registrasi. Acara dimulai dengan ibadat pembuka yang dipimpin oleh Fr. Willio Kalesaran, sebagai ungkapan syukur atas kesempatan berkumpul dalam kerinduan bersama.

Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh Opening Ceremony yang sarat makna, menghadirkan sentuhan kehangatan. Ketua Komsos Keuskupan Manado, Pastor I Made Pantyasa Pr, memberikan pidato pembuka yang mengangkat pesan Bapa Suci Paus Fransiskus tentang Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Hati: Menuju Komunikasi yang Sungguh Manusia. Pastor Made menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara kecerdasan buatan dan kebijaksanaan hati manusia dalam era teknologi saat ini.

Acara dilanjutkan dengan membunyikan Tetengkoren sebagai tanda resmi pembukaan kegiatan. Menurut Ketua Panitia, Rolvi Pongoh, S.Fils. Tetengkoren merupakan bagian dari budaya Minahasa yang sesuai untuk menjadi pembuka acara. Upacara pembuka dengan membunyikan Tetengkoren ini dipimpin oleh Ketua Komsos Keuskupan Manado, Pastor Paroki Pst. Alvianus Windy Tangkuman, Pr., Ketua Panitia, Rolvi Pongoh. Lurah Kelurahan Taratara, Bpk. Jefry Mentang, S. Kep., dan Lurah Kelurahan Taratara Satu, Ibu Cornelin Suot, S.Ag., M.Pd serta Koordinator Bidang IV DPP, Bpk. Osmun Tiwow, S.Pd.

IMG 2787

Kemudian, adanya atraksi Tari Katrili yang dipersembahkan oleh Anak-anak SD Katolik 2 Roh Kudus, menambah warna ceria pada acara tersebut.

Tidak hanya sekedar hiburan, KOMSOS Family Gathering juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi dan belajar melalui sesi Sharing Session yang diselenggarakan oleh Tim Komsos Keuskupan Manado. Didampingi oleh Pastor Made sebagai Ketua Komsos Keuskupan Manado membuka wawasan mengenai komsos-komsos Paroki.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sesi 1 yang membahas Pengenalan Komsos Keuskupan Manado dan Penggunaan Hak Cipta dalam membuat konten, dipandu oleh Tim Komsos Keuskupan Manado dengan narasumber Romansa Taasihe. Dalam Sesi 1 ini hadir pula ketua-ketua wilayah rohani Paroki St. Antonius Padua Taratara. Dengan maksud agar umat bisa lebih mengenal peran dan tugas dari Komsos Keuskupan Manado.

Adapun atraksi yang sangat menarik dipersembahkan oleh anak-anak SD Katolik Bunda Hati Kudus Taratara yaitu Pantomim.

Dilanjutkan dengan Ibadat Rosario bersama yang dipimpin oleh Bpk. Gregorius Kalele sebagai bentuk penghormatan kepada Bunda Maria

Setelah serangkaian kegiatan yang bermakna, para peserta menikmati hidangan lezat saat makan malam dengan terus mempererat tali persaudaraan, sambil diiringi Atraksi Orkes Taratara.

Acara berlanjut dengan Sesi 2 yang dipimpin oleh Pst. Made, Ketua Komsos Keuskupan Manado mengenai Mari Kita Belajar : Penyusunan Naskah Video. Menurut Pst Made, membuat konten itu penting dan utamanya yaitu pesan misi pewartaan harus menonjol. Dan sebagai penggiat Komsos perlu untuk sadar bahwa membuat konten Gereja itu harus menyenangkan.

Materi dari Pastor Made diakhiri dengan pembagian kelompok dimana masing-masing kelompok yang dibentuk dalam 27 kelompok wajib membuat konten bersama dengan umat atau masyarakat sekitar terdiri dari 27 wilayah rohani yang akan dilaksanakan esok harinya.

IMG 9662

Acara yang paling seru pun tiba yaitu Acara Malam Kebersamaan untuk mempererat tali kebersamaan dan kekeluargaan sebagai Keluarga Besar Komsos. Tawa dan cerita mengalir tanpa henti, sementara adanya atraksi dan dance, menari serta LD. Makan milu bakar juga menambah kehangatan antara para peserta.

IMG 9633

Namun, di tengah gemuruh kegembiraan, para peserta diingatkan untuk beristirahat dengan nyaman di Penginapan yang telah dipersiapkan dengan teliti oleh Panitia.

Dengan begitu, hari pertama KOMSOS Family Gathering ditutup dengan berbagai cerita indah dan jalinan kebersamaan yang erat. Semua pun menantikan petualangan seru besok hari!

(R12)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini