Komsos Keuskupan Manado Gelar Zoom Meeting Pemantapan Penulisan Berita

0
1186
Kegiatan Zoom Meeting Komsos Keuskupan Manado.

Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Manado mengadakan Zoom Meeting bersama para pegiat komunikasi sosial dan Badan Pengurus Komsos Keuskupan Manado, Selasa (28/05/2024). Acara ini mengusung tema “Belajar Bersama: Pemantapan Penulisan Berita” dan dipandu oleh Ketua Komisi Komsos Keuskupan Manado, Pastor Yohanes I Made Pantyasa Pr.

Dalam sesi tersebut, narasumber utama, Fransiskus Talokon, yang merupakan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado sekaligus anggota Badan Pengurus Komsos Keuskupan Manado, memberikan penjelasan mendalam mengenai pembuatan berita yang baik. Talokon membahas unsur-unsur penting yang harus ada dalam sebuah berita, sehingga dapat disampaikan dengan jelas dan efektif kepada pembaca.

Fransiskus Talokon menekankan pentingnya memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam jurnalisme untuk menghasilkan berita yang akurat, objektif, dan informatif. 

“Menulis berita bukan hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menyajikan fakta dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca dalam kerangka pewartaan iman,” ujar Talokon.

Pertemuan virtual ini diikuti dengan antusias oleh peserta yang terdiri dari pegiat Komsos dari berbagai paroki di Keuskupan Manado. Mereka aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, dimana Talokon memberikan berbagai tips praktis serta menjawab pertanyaan seputar tantangan dalam penulisan berita. Terutama terkait bagaimana membuat berita berkualitas sesuai dengan tugas Komsos yaitu pewartaan iman dengan tidak sekedar berisi informasi saja.

Pastor I Made Pantyasa Pr menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif para peserta dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis berita di kalangan pegiat Komsos. 

“Kami berharap, melalui pemantapan penulisan berita ini, para pegiat Komsos semakin terampil dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi komunitas,” ungkap Pastor Made.

Pastor Made juga memberi apresiasi setelah pelaksanaan Komsos Family Gathering keempat di Taratara, sudah ada ketambahan Komsos paroki yang menulis berita, seperti halnya, Komsos Parioki Raja Damai Banggai, Komsos Paroki St Antonius dari Padua Tataaran, dan Komsos St Petrus Langowan.

Menurutnya, kegiatan  ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Komsos Keuskupan Manado untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan informasi di lingkungan gereja, dengan tujuan akhir membangun komunitas yang lebih terinformasi dan teredukasi.(Roy)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini