Konser Edukasi Sursum Corda, “Marilah mengarahkan Hati Kepada Tuhan”, mengenalkan Nyanyian Greroriana

0
117

Konser sursum Corda ini dilaksanakan di Gereja Paroki Ratu Rosari Suci Tuminting, Hari Sabtu 8 Juni 2024. Konser ini menampilkan Komunitas Viri Gregoriani Musica Sacra, juga Pax Chorus (koo r campuran Paroki Ratu Rosari Suci Tuminting, serta penampilan perdana Liberi Benedicti, koor anak sekami dan Misdinar Paroki Ratu Rosari Suci. Konser ini berlangsung mulai pukul 19.00 – selesai.
Pelaksanaan Konser seperti ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Paroki Ratu Rosari Suci, apalagi pada saat yang sama dilakukan edukasi kepada umat terkait, lagu yang dinyanyikan dari pembukaan hingga akhir. Hal ini meningkatkan pemahaman umat terhadap lagu yang dinyanyikan, dan dituntun dengan baik oleh Alesandro Pinangkaan selalu Leader sekaligus kunduktor Viri Gregoriani.
Viri gregoriani yang beranggotakan 15 orang melantunkan lagu Gregorian dengan merdu dibawah arahan konduktor Allesandro Pinangkaan. Lagu yang dinyanyikan dabagi dalam beberapa bagian yaitu pertama Ofisi IIlahi : Vesper (Ibadat sore) Mulia yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu Introducia (pembukaan), Psalmodium ( Pendarazan Mazmur), Lectio Brevis (Bacaan Singkat), Responsorium Breve (lagu singkat) dan Kidung Maria. Kedua Ordinarium dilantunkan oleh Koor Paroki, Pax Chorus, dengan melantunkan Kyrie dan Gloria Missa VIII dengan Konduktor Marcelinus Kilapong. Ketiga Katakese, keempat Hymne yang di bawakan dengan indah oleh Liberi Benedicti, dua lagu berturut-turut yaitu Regina Salve dan Ave Maria Stela dan kelima bagian penutup, berkat oleh Pater Joseph Pontoan, MSC dengan cara dinyanyikan juga.
Nama Koor Pax, sangat di kenal bahkan sangat di segani di Keuskupan Manado karena kualitasnya pada tahun 1980-an. Saat itu Koor Pax dipimpin dan dilatih oleh Lexi Ogi alm, dan selalu melakukan pelayanan kegiatan liturgis juga mengikuti lomba-lomba ditingkat keuskupan Manado.
Koor Pax mengalami pasang surut, terutama sejak meninggalnya Lexi Ogi. Kenangan akan “jaman keemasan” Koor Pax ini tetap hidup dalam ingatan umat paroki Ratu Rosari Suci – Tuminting. Nama PAX CHORUS, didasarkan pada kenangan koor Pax, sebagai penghargaan kepada almarhum Lexi Ogi atas dedikasinya dalam membina dan melatih Koor Pax pada jamannya.
PAX CHORUS saat ini anggotanya berjumlah 78 orang meliputi semua usia: Remaja, OMK, Bapak, Ibu se paroki. Untuk konser ini yang berkesempatan adalah 50 orang. Konser ini juga untuk membangkitkan semangat umat dalam pembinaan dan semangat berlatih untuk melayani kegiatan liturgis gereja. Pax Chorus saat ini dilatih oleh Marcelinus Kilapong.
Liberi Benedicti adalah kelompok Paduan Suara Gregorian Anak Sekami dan Misdinar paroki Ratu Rosari Suci Tuminting. Mereka mulai berlatih pada hari Selasa, 16 Januari 2024, dan dpimpin oleh Kevin Lala. Inisiator terbentuknya koor ini adalah Marcelinus Kilapong.
Pembentukan paduan suara ini bertujuan agar :
1. Anak-anak Sekami dan Misdinar, sudah sejak usia dini dilatih, diajarkan agar mengenal, memahami dan mencintai nyanyian Gregorian sehingga bisa menyanyikannya dengan baik dan benar.
2. Dimulai dari anak-anak, diharapkan seluruh umat se paroki akan termotivasi untuk mencintai dan menyanyikan lagu-lagu Gregorian, khazanah nyanyian liturgi Katolik, dengan kata lain sebagai salah satu bentuk pembinaan dan pengembangan musik liturgi umat di paroki Ratu Rosari Suci Tumintin
3. Salah satu bentuk pembinaan iman anak-anak Sekami dan Misdinar
Penampil Utama Konser ini ada Viri Gregoriani, yang merupakan bagian dari Yayasan Musica Sacra Indonesia dengan penanggung jawab Pater Harry Singkoh MSC.
Pelaksanaan Konser dilakukan didalam gereja, agak berbeda dengan penampilan koor biasanya di Gedung Aula dan serba-guna. Penampilan koor digereja dikonsultasikan dengan Komisi Liturgi Keuskupan Manado, dan bisa dilakukan. Hal ini karena konser melantukan lagu-lagi ordinarium dan gerejani lainnya. Hal ini disampaikan oleh Pater Joseph Pontoaan MSC, pada saat Misa Jumat Pertama, 7 Juni 2024.
Umat yang hadir sangat antusias mendengarkan lantunan lagu Gregorian, terlebih mendapatkan edukasi terkait lagu-lagu yang dinyanyikan serta penempatan lagu dalam setiap bagian dari perayaan ekaristi. Semoga kegiatan ini lebih meningkatkan pemahaman umat dan juga akan memotivasi umat untuk ikut berlatih dan bernyanyi lagu-lagu Gregorian. Karena lagu khas gereja katolik terutama Gregorian semakin jarang terdengar di perayaan ekaristi di gereja. #komsosraturosarisucituminting

IMG 8512
IMG 8529
IMG 8470
IMG 8552 scaled
IMG 8558 scaled

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini