Memahami Arti Jabatan Gerejani

0
2446

Tidak seperti biasanya, pada hari ini semua Perayaan Ekaristi di Paroki Santa Ursula Watutumou dipusatkan di stasi Lumen Christi Pemda. Hari ini (27/08/17) semua umat Paroki Santa Ursula Watutumou merayakan Misa Syukur Serah Terima Pastor Paroki; dari P. Joseph Ansow, pr kepada P. Fransiskus Mangundap, pr.

Sebelum Perayaan Ekaristi dimulai, diadakan penyambutan yang diiringi Drumband SD Katolik St. Fransiskus Xaverius Maumbi. Setelah sejenak, lantunan lagu merdu “Tepianola” mengiringi perarakan Perayaan Misa Syukur. Perayaan Misa Syukur Serah Terima Pastor Paroki ini dipimpin oleh P. John Montolalu, pr selaku Sekertaris Keuskupan Manado.

Dalam homilinya P. John mengajak umat untuk merenung tentang apa arti “Pejabat Gereja”. “Sambil bersyukur perlu ditegaskan bahwa jabatan-jabatan dalam Gereja adalah jabatan kaum beriman”, ungkap P. John sembari juga menggariskan model perutusan Santa Perawan Maria.

Menurut P. John ada dua hal penting dan menarik dalam perutusan Petrus sesuai bacaan Injil hari ini. Pertama: Iman Kepercayaan. Iman kepercayaan bukan berarti iman “tiru-tiru” tetapi iman yang keluar dari dalam diri. Iman Kepercayaan inilah yang menjadi dasar bagi para petugas Gereja. Berkaitan dengan tugas pelayanan, seorang petugas gereja dituntut untuk membentuk dinamika iman yang terwujud lewat keramaian-keramaian karya dalam Gereja.

Kedua: “membawa kehidupan” yang dipercayai dalam Yesus Krisrus. Dalam hal ini petugas gereja diperhadapkan pada tugasnya yakni:”Menunjukkan jalan ke surga”. Tugas pejabat gereja adalah menunjukkan jalan ke surga kepada siapa pun juga yang merindukan tuntunan hidup. Akhirnya duduklah pada kursi kemuliaan untuk memberikan ajaran-ajaran yang benar” ujar P. John pada akhir homilinya. Pada akhir perayaan Ekaristi tepatnya sesudah doa komuni dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Serah Terima Jabatan Pastor Paroki Watutumou. Seusai Perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara kebersamaan umat paroki bersama dengan P. Joseph Ansow,pr dan P. Frans Mangundap, pr.

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini