Mengenal Lebih Dekat Wilayah Pelayanan Paroki Raja Damai Banggai

0
67

Paroki Raja Damai Banggai berpusat di Kota Banggai, Ibukota Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Mengikuti wilayah administratif Kabupaten Banggai Laut sebagian besar terdiri dari lautan dan pulau-pulau kecil, begitu pula dengan wilayah pelayanan Gereja Katolik Paroki Raja Damai Banggai. Sejauh ini, wilayah Pelayanan Paroki Raja Damai Banggai terpusat di 4 pulau utama, yakni Pulau Banggai, Pulau Bokan, Pulau Bangkurung, dan Pulau Peling dengan jumlah layanan 1 pusat paroki dan 16 stasi.


Pulau Banggai, sebagai pulau terbesar, terdiri dari pusat paroki dan 9 stasi. Stasi-stasi di Pulau Banggai adalah Stasi Hati Kudus Yesus Potilpololoba, Stasi Yohanes Pembaptis Lokotoy, Stasi Santo Yosep Pekerja Bolitan, Stasi Santo Yohanes Maria Vianey Matanga, Stasi Santo Fransiskus Asisi Malino, Stasi Santa Maria Magdalena Bentean, Stasi Santo Paulus Pososlalongo, dan Stasi Bunda Hati Kudus Baulalongo. Dari pusat paroki, stasi terjauh ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.


Pulau Bokan terdiri dari 3 stasi. Stasi-stasi yang berada di Pulau Bokan adalah Stasi Santo Fransiskus Xaverius Kaukes, Stasi Kerahiman Ilahi Keak, dan Stasi Santo Stefanus Nggasuang. Waktu tempuh dari pusat paroki ke stasi-stasi di Pulau Bokan adalah sekitar 5 jam perjalanan dengan sarana transportasi laut.


Pulau Bangkurung terdiri dari 3 stasi. Stasi-stasi yang terletak di Pulau Bangkurung adalah Stasi Santo Andreas Boniton, Stasi Santo Yohanes Pembaptis Sundeng, dan Stasi Santa Maria Ratu Rosari Tadianabungin. Waktu tempuh dari Pusat Paroki ke Pulau Bangkurung dengan kendaraan laut sekitar 4 jam perjalanan.


Pulau Peling terdiri dari 2 stasi, yakni Stasi Santo Petrus Okumel dan Stasi Santa Katarina dari Siena Pinalong. Waktu tempuh dari pusat paroki ke stasi-stasi di Pulau Peling ini adalah sekitar 3 jam perjalanan dengan alat transportasi laut. ***

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini