Mgr. Rolly Untu Tahbiskan Gereja St Carolus Boromeus Kima Atas

0
157
Uskup Mgr. Rolly Untu MSC., menyerahkan kunci pintu gereja kepada Pastor Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI, Pst. Petrus Tinangon PR.

Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC., mentahbiskan gedung gereja Stasi Santo Carolus Boromeus, Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Minggu (04/09/2022).

Pentahbisan gedung gereja tersebut diawali dengan peresmian gereja yang dirangkaikan dengan perayaan ekaristi penerimaan Sakramen Krisma. Peresmian gereja  ini ditandai dengan guting pita gerbang, penyerahan kunci Gereja dari donatur utama Ferry Kaseger kepada Uskup, dan  Uskup Kepada  Pastor Paroki Bunda Teresa dari Calcutta GPI, Pst. Petrus Tinangon PR, penandatanganan prasasti, pembukaan selubung papan nama gereja.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam yang diwakili Karo Umum Pemprov Sulut Rainner N Dondokambey, S.Hut dalam sambutannya mengungkapkan  pentahbisan dan peresmian gedung gereja Katolik Stasi Santo Carolus Boromeus dalam Paroki Bunda Teresa dari Calcutta, GPI, diharapkan akan semakin mendorong pertumbuhan iman umat katolik di wilayah ini dan semangat toleransi beragama.

“Keberadaan gedung gereja yang representatif ini menjadi satu bukti semangat iman dalam kaitan memenuhi tuntutan pelayanan yang lebih baik lagi,” sebut Dondokambey.

Lanjutnya, dengan kehadiran gedung gereja baru ini, diharapkan akan menjadi satu kekuatan dan semangat melayani dan beriman kepada Tuhan, bukan justru sebaliknya menjadi terpecah-pecah.

“Dalam pelayanan dan lembaga umat dibutuhkan semangat kebersamaan dan persatuan dan saling menopang baik para pemimpin umat, tokoh gereja serta para umat dengan pemerintah daerah,” sebut Dondokambey. Ditambahkan Dondokambey, Gubernur mengajak umat katolik untuk turut memberikan kontribusi positif, baik melalui sumber ide kreatif progresif melalui karya nyata terhadap setiap kebijakan dan berbagai program pembangunan Sulawesi Utara.

“Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur punya komitmen yang jelas dan nyata dalam mendorong pertumbuhan umat beragama termasuk agama Katolik, baik pembangunan fisik dan non fisik,” tutur Dondokambey yang juga memuji dan  mengapresiasi umat kendati di tengah kondisi ekonomi pasca pandemi Covid-19, dapat membangun gedung gereja yang representatif.

Pengguntingan pita di depan pintu gerbang gereja.

Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC., mengungkapkan dengan pentahbisan Gereja Santo Carolus Boromeus Kima Atas ini, maka saat ini Keuskupan Manado kembali mengukir sejarah pembangunan fisik bagi pengembangan pelayanan bagi umat.

“Patut disyukuri hari ini satu lagi bukti semangat dan iman umat serta para donatur  keluarga pak Ferry Kaseger-Unsulangi  untuk memiliki tempat beribadah yang representatif dan mewah ini. Bukan hanya gedung gereja tetapi kita sebagai gereja yang hidup. Ini tentunya Roh Kudus menggerakan untuk berkarya tidak hanya dalam gereja tetapi pada umat, wilayah rohani dan keluarga. Ini bisa terjadi karena ada ketergerakan. Motivasi pak Ferry Kaseger mambangun gereja ini. Inilah gerakan hati, Tuhan yang menggerakan,” tutur Uskup Rolly Untu.

Untu mengingatkan, keberhasilan pelayanan selain kondisi fisik tempat beribadah, namun yang terpenting adalah seberapa besar peningkatan pelayanan, peningkatan keanggotaan dan kebersamaan dalam aktivitas beribadah.

“Saya harap nantinya dengan gedung Gereja yang mewah ini jangan justru kosong karena umat jarang datang beribadah,” tandas Mgr. Rolly Untu.

Uskup juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerjasama dan dukungan penuh pemerintah Provinsi Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw terhadap pembangunan fisik dan non fisik umat Katolik di daerah ini.

Hadir juga dalam kegiatan  tersebut, sejumlah pastores, Ketua DPRD Kabupaten Minut Denny Lolong, perwakilan Lanud Sam Ratulangi, Kapolsek Mapanget, Ketua Stasi St Carolus Boromeus, Kima Atas, Marsela Hengkeng, umat Stasi St Carolus Boromeus, Kima Atas, umat Stasi St Petrus Koka, Mapanget Barat, DPP dan Umat Paroki Bunda Teresia dari Calcutta GPI.(Roy) 

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini