Mgr. Yoseph Suwatan, MSC yang Saya Kenal

0
182

Saya mengenal Mgr. Yoseph Suwatan, MSC pertama kali ketika sebagai frater beliau datang memberikan pelajaran agama di SD RK. IV Manado Selatan. Saya duduk di kelas 4 berumur 9 tahun di tahun 1966. Saya ingat frater Tan (nama panggilannya) menceritakan “Allah sebagai figure Bapa yang baik hati terhadap anak yang hilang.

Saya mengenal beliau lebih jauh lagi ketika saya menjadi frater Skolastikat MSC pada tahun 1979. Beliau adalah pemimpin Skolastikat MSC Pineleng. Pembawaannya sangat kebapaan dan sabar. Dibalik kelemahlembutannya, beliau bisa menegur para frater. Misalnya, beliau mengingatkan saya untuk menengok papi dan mami serta kakak-adik di rumah. Karena ketika saya datang kembali dari Novisiat Karanganyar/Kebumen, saya langsung tinggal di Skolastikat dengan melakukan kegiatan-kegiatan dan tidak langsung pulang ke rumah, sehingga belum mengunjungi orang tua. Saya berada dibawah kepemimpinan dan bimbingannya baik sebagai dosen maupun pembina di tingkat 3, 4, dan 5 (mahasiswa Teologi).

Pada tahun 1981, beliau terpilih menjadi pemimpin MSC Indonesia. Beliau menjadi pemimpin selama 3 periode. Sebagai pemimpin, beliau dikenal antara lain dengan “mampir sebentar”, baik dalam bentuk bulletin MSC Indonesia maupun terutama kehadirannya dimana-mana. Kunjungannya pada keluarga (orang tua, kakak-adik) dari kon-frater MSC sungguh membawa kekuatan, baik bagi keluarga maupun kon-frater. Beliau juga dipuji Karena perhatiannya terhadap pembinaan, baik anggota MSC maupun calon-calonnya.

Ketika beliau ditunjuk oleh Sri Paus sebagai Uskup Keuskupan Manado, kualitas-kualitas yang sudah ada, ia teruskan didalam penggembalaannya seperti kebapaan, kesabaran, dan kesiapsediaan dalam menjalankan tugas. Sangat menonjol juga adalah ketahanannya selama 27 tahun sebagai uskup. Bahkan menjelang paripurna tugasnya sebagai uskup, beliau kelihatan segar bugar dan kuat. Penggembalaannya bukan hanya dirasakan oleh umat katolik tapi juga oleh umat golongan lain, masyarakat, dan pemerintah.

Bersama seluruh umat Katlik, kita mengucapkan banyak terima kasih pada Mgr. Yoseph Suwata, MSC yang telah mengabdikan dirinya dengan ketaatan dan kepenuhan dalam mengikuti Yesus Kristus, Sang Gembala kita.

Saya belajar banyak dari tugas penggembalaannya dan terisnpirasi untuk tetap membawa “terang” bagi umat Allah di Keuskupan Manado. Semoga Tuhan memberkati kita semua, khususnya Mgr. Yoseph Suwatan, MSC.

Mgr. Rolly Untu, MSC

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini