Misa Syukur Pesta Pelindung WKRI Ranting Sta Veronika, Pastor Wens: Artinya ‘Gambar Nyata’

0
391

Perayaan Pesta Pelindung Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Ranting Sta Veronika, Cabang St Mikael Perkamil, bertempat di keluarga Adiyanto Mokodompis, sahabat hati Ibu Meyke Mokodompis, Rabu, 12 Juli 2023.

Sukacita dan kegembiraan terlihat dalam kebersamaan Ibu-ibu sahabat hati yang tergabung dalam WKRI Ranting Sta Veronika, karena merayakan Pesta Pelindung.

Di hadiri oleh Ketua WKRI Cabang St Mikael, Ibu Femmy Poputra, Wakil Ketua Cabang Ibu Feniena Kambey dan ketua  ranting yang ada di Wilayah Tesalonika yaitu, Ketua Ranting Sta Fransiska Romana, Ibu Viany Tukunang, Pengurus dan Anggota Ranting Sta Veronika.

Dengan MC Ibu Lilian Karamoy  yang juga adalah Sekretaris Ranting, membuka acara Pesta Pelindung dan di awali dengan Misa Syukur dengan selebran Pastor Paroki St. Mikael Perkamil, Pastor Wenseslaus Maweikere, Pr (Pastor Wens)

Dalam kata pengantarnya Pastor Wens mengatakan bahwa sebenarnya nama asli dari perempuan yang mengusap wajah Yesus bukan Veronika, tidak di ketahui namanya.

Nama Veronika diambil dari sikapnya yang mengusap wajah Yesus dan gambar nyata dari wajah Yesus. Jadi arti kata Veronika adalah ‘gambar nyata’ wajah Yesus.

Lagu pembukaan ‘Dengan gembira’ diambil dari buku lagu Madah Bakti nomor 161 dan dipandu oleh Ibu Meidy Paulus.

Bacaan Pertama dibacakan oleh Ibu Lilian Karamoy, yang diambil dari Kitab Kejadian 41:55-57;42:5-7a.17-24a, dengan perikop “Kita menanggung akibat dosa kita terhadap adik kita.”

Frater Billy Runtu yang selalu mendampingi Pastor Wens dalam setiap pelayanan membaca bacaan Injil menurut Matius 10:1-7 dengan perikop “Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel!”

Dalam homilinya Pastor Wens mengacu pada kasih dan kesetiaan Sta Veronika terhadap Tuannya yaitu Yesus, dengan mengusap wajah Yesus dengan kain putih ketika Yesus terjatuh pertama kalinya dan sebagai ganjarannya Sta Veronika  mendapatkan gambar wajah Yesus.

Dan dalam penerapannya sikap dan hati Sta Veronika dalam kehidupan ibu-ibu WKRI, Pastor Wens menambahkan perilaku ibu-ibu sebagai WKRI juga harus nyata dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari seperti  mengurus suami dan anak anak agar menyerupai sifat pelayanan Sta. Veronika yg mendapat Gambar Nyata wajah Yesus.

Setelah misa, pastor memberikan sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada ranting Sta. Veronika yang merayakan pesta pelindung ranting.

Ibu Lenny Chandiana yang adalah Ketua Ranting Sta Veronika mengatakan dalam sambutannya bahwa ini adalah ke 2 kalinya Ranting Sta Veronika merayakan pesta pelindung setelah 10 tahun ranting ini dibentuk.

Dan juga dikatakan bahwa untuk penjualan pencarian dana dalam rangka kongres WKRI  se Indonesia yang akan di laksanakan pada Bulan Oktober 2023 yang dijadwalkan kepada ranting kami, kami tidak akan berjualan di gereja tapi akan berjualan di luar.

Sambutan Ketua WKRI Cabang, Ibu Femmy Poputra juga mengucapkan selamat atas perayaan pesta pelindung dan meminta supaya Ranting Sta Veronika tetap berperan aktif dalam setiap kegiatan baik yang ada di ranting maupun di cabang.

Setelah itu kami makan bersama dan seperti biasa kegiatan Lotere menambah keramaian dalam pertemuan ini.(Komsos WKRI Ranting Sta Veronika, Meidy Paulus)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini