Paroki YGB Paniki Bawah menuju HOSS

0
507

Menuju Hari Orang Sakit Sedunia yang ditetapkan oleh Gereja Katolik setiap tanggal 11 Februari, maka di salah satu Paroki di Kevikepan Manado, yakni Paroki Yesus Gembala Baik Paniki Bawah, menyelenggarakan Pembukaan Doa Novena Orang Sakit pada hari Jumat malam 2 Februari 2018 dalam Perayaan Ekaristi Jumat Pertama yang dipimpin oleh RD. Frediangko Samudia, pr selaku Pastor Paroki.

Doa Novena Orang Sakit ini menjadi pembuka rangkaian kegiatan Hari Orang Sakit Sedunia yang diselenggarakan di Kevikepan Manado, dimana doa Novena ini diambil dari doa St. Josemaria Escriva. Novena ini didaraskan secara terus menerus selama sembilan hari oleh umat dengan mengungkapkan ujud-ujud permohonan kepada Tuhan baik untuk keluarga, kerabat, sanak saudara yang sakit maupun untuk diri sendiri bilamana tengah mengalami sakit.

Pada homilinya, Pastor Paroki mengajak umat untuk berbagi kasih dan kepedulian kepada mereka yang sakit, tak berdaya, lanjut usia maupun yang tersisih dan yang merasa ditinggalkan dengan mengunjungi dan mendoakan mereka.

Seusai memimpin Salve serta berkat Sakramen Maha Kudus di penghujung misa, Pastor Paroki kembali menegaskan bahwa akan ada rangkaian kegiatan lainnya dalam rangka Hari Orang Sakit Sedunia yakni Penjemputan dan Perarakan Arca Bunda Maria Lourdes, yang akan diserahterimakan dari Paroki St. Mikael, Perkamil ke Paroki Yesus Gembala Baik Paniki. Arca akan diarak pada malam hari Jumat 9 Februari 2018 mulai dari SDK 02 Don Bosco Paniki Bawah menuju ke Gereja Paroki Yesus Gembala Baik.  Perarakan serta pentahtaan arca Bunda Maria Lourdes di dalam gedung gereja pun akan ditutup dengan Perayaan Ekaristi.

Dijelaskan pula bahwa setelahnya yakni pada hari Sabtu 10 Februari 2018 akan diselenggarakan Misa Orang Sakit Sedunia mulai pukul 09:00 di Gereja Yesus Gembala Baik dengan selebran utama P. Berty Tijow, MSC. Misa ini akan dikhususkan bagi orang sakit dan lanjut usia.

Pada hari Minggu, 11 Februari 2018, sebagai hari yang ditetapkan Gereja Katolik sebagai Hari Orang Sakit Sedunia, seluruh umat di Wilayah-wilayah Rohani akan membentuk kelompok-kelompok kecil serta pergi mengunjungi anggota umatnya yang tengah sakit maupun yang lanjut usia, baik ke rumah-rumah maupun yang berada di Rumah Sakit ataupun di Panti Werda, sebagai Gerakan Bersama Kunjungan Kasih serta wujud nyata kepedulian kepada sesama yang sakit dan lanjut usia, sesuai dengan pesan Bapa Paus untuk mendoakan dan mempersembahkan penderitaan sebagai rahmat.

Marilah kita doakan dan sukseskan Hari Orang Sakit Sedunia ini agar semakin banyak orang sakit dan lanjut usia yang terlayani dan beroleh berkat.

AJI-Ghun

 

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini