PAUS FRANSISKUS MENYERUKAN HARI DOA SEDUNIA UNTUK PEMELIHARAAN CIPTAAN (1 SEPTEMBER)

0
769

Hari Rabu, 30 Agustus 2017, pada kesempatan audensi umumnya, Paus Fransiskus menyerukan “Sikap Penuh Hormat dan bertanggungjawab atas Ciptaan” menjelang Hari Doa Sedunia ketiga untuk pemeliharaan alam ciptaan.

Pada kesempatan audiensi umum, Bapa suci mengatakan bahwa ia dan “saudara kami yang terkasih, Bartholomew, Patriark Ekumenis Konstantinopel” telah menyiapkan sebuah Pesan yang akan disampaikan pada tanggal 1 September. “Dalam [pesan] itu,” Bapa Suci melanjutkan “Kami mengundang semua orang untuk bersikap hormat dan bertanggung jawab terhadap ciptaan.” Paus mengatakan bahwa kedua pemimpin Gereja “juga mengajak semua orang yang memiliki peran yang berpengaruh untuk mendengarkan teriakan bumi dan jeritan orang miskin, yang paling menderita akibat ketidakseimbangan ekologis.”

Hari Doa Sedunia untuk pemeliharaan ciptaan

Pada tahun 2015 Paus Fransiskus mendeklarasikan 1 September sebagai Hari Doa Sedunia untuk Pemeliharaan ciptaan, dan merayakan sebuah Liturgi sabda khusus di Basilika Santo Petrus untuk menandai dimulainya hari Doa itu untuk pertama kalinya. Sementara itu Gereja Orthodoks telah memperingati Hari doa seperti itu sejak tahun 1989. Dalam surat Paus kepada Umat Katolik tentang Hari Doa itu, Paus Fransiskus mengatakan, “Hari Doa Sedunia untuk pemeliharaan ciptaan” memberi kesempatan berharga kepada orang percaya entah pribadi maupun komunitas untuk membaharui

partisipasi pribadi kita dalam panggilan sebagai penjaga ciptaan, bersyukur kepada Allah dan berterima kasih atas karya-karyaNya yang menakjubkan, yang dipercayakan untuk kita pelihara, sambil meminta pertolongan-Nya untuk melindungi ciptaan dan memohon rahmat-Nya atas dosa-dosa yang dilakukan terhadap dunia tempat kita hidup. ”

Devin Sean Watkins

Sumber: Radio Vatikan

http://en.radiovaticana.va/news/2017/08/30/pope_francis_appeals_for_day_of_prayer_for_care_of_creation/1333578

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini