Pekan PraPaskah Kelima: Keterlibatan Menjaga Bumi dan Cara Baru Berekonomi

0
403

Manado – Selasa 19 Maret 2024, ibadat sabda dan pendalaman tema APP sesuai jadwal yakni pada Keluarga Mantis – Rachmadijanto, yang dihadiri sebanyak 30 umat dan dipimpin langsung oleh Koordinator Sie. Litugi WR Sta. Rosa de Lima, Ibu Lilian Karamoy.

Pada pekan prapaskah kelima ini, umat yang hadir bersama-sama mendalami tema APP dengan 2 sub-tema sekaligus, yaitu “Keterlibatan Menjaga Bumi” dan “Cara Baru Berekonomi”.

“Bumi ini adalah rumah bersama. Maka, perlu ditegaskan kembali tentang kesadaran dan tanggungjawab kita bersama. Karena itulah panggilan setiap penghuni bumi ini yakni, untuk melibatkan diri dalam menjaga, merawat, dan melestarikan alam ini secara adil.”

“Ekonomi Solidaritas Sosial adalah solusi yang layak untuk menyeimbangkan kembali tujuan ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini mengacu pada berbagai kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk memprioritaskan keuntungan sosial daripada keuntungan finansial semata.” ungkap ibu Lilian.

Sebagai komitmen bersama, umat yang hadir memilih untuk “menjaga kebersihan alam sekitar setiap hari”. Semoga kiranya pendalaman tema APP tahun ini dapat memberikan pertobatan ekologis bagi kita semua atas cara-cara kita selama ini yang tidak adil terhadap alam, rumah semua ciptaan dan rumah Allah sendiri. Serta dapat mengutamakan cara baru untuk ekonomi yang berkeadilan ekologis, demi keberlangsugan hidup yang jauh kedepan.

Selesai ibadat, dilanjutkan dengan penyampaian-penyampaian dari pengurus, terlebih dalam rangka memasuki Pekan Suci. Diharapkan partisipasi aktif dari semua umat, terlebih yang akan bertugas sebagai penyelenggara liturgi (koor, dsb) sekiranya dapat mempersiapkannya dengan baik.

_(Komsos WR Sta. Rosa de Lima, Ramly Sasambe dan Ichiro Imaizumi)_

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini