Pekan PraPaskah Pertama: Berbalik kepada Tuhan, Bertobat dan Percayalah kepada Injil

0
164

Manado – Rabu, 14 Februari 2024, umat Katolik di seluruh dunia memasuki Masa Prapaskah (masa persiapan Paskah), yang diawali dengan hari Rabu Abu.

Rabu Abu merupakan bagian dari liturgi gereja katolik dimana umat akan dioleskan abu pada dahi sebagai tanda/ simbol pertobatan.

Umat Wilroh Sta Rosa de Lima, Paroki St Mikael Perkamil Manado mendapatkan giliran memberikan pelayanan pada Misa I hari Rabu Abu, jam 7.00 pagi, dengan selebran yakni Pastor Paroki, Pastor Wens Maweikere Pr.

Pastor Wens mengawali homili misa hari Rabu Abu dengan membacakan Surat Gembala Keuskupan Manado dengan tema “Sejahtera Ekonomiku, Lestari Alamku”.

Dalam surat Uskup ini, kita kembali diingatkan akan beberapa poin penting, salah satunya yakni; kesejahteraan ekonomi manusia adalah bagian dari kelestarian alam. Alam adalah tempat di mana manusia berpijak.

“Sejahtera ekonomiku, lestari alamku dapat terjadi pada waktu semua pihak yang berkepentingan mengelola ekonominya sambil menunjukkan cintanya juga pada alam.”

Selanjutnya, Pastor Wens juga berpesan kepada seluruh umat untuk “berbalik kepada Tuhan, bertobat dan percayalah kepada Injil”.

Paroki menyediakan sarana-sarana, diantaranya Jalan Salib setiap hari Jumat selama Masa Prapaskah, misa hari Minggu Prapaskah, ibadat-ibadat di wilayah rohani dan penerimaan Sakramen Tobat di gereja dan seluruh wilayah-wilayah rohani.

Sesudah hari Rabu Abu, Kamis 15 Februari 2024, umat WR Sta Rosa de Lima melaksanakan ibadat sabda pada Keluarga Monangin-Sinioto yang dihadiri oleh 25 umat.

Ibadat Sabda dipimpin oleh Ibu Wiselinda Banggai dan membawakan renungan dengan judul “Syarat Menjadi Murid Yesus”. Umat diajak untuk belajar dari teladan Yesus yang meskipun sering ditolak tetap setia kepada tugasNya dan rela mati disalib untuk menebus dosa umat manusia. (Komsos yang bertugas, sdri. Fernalitha Nangon.)

Kemudian, penerimaan Sakramen Tobat umat WR Sta Rosa de Lima dilaksanakan pada Kamis, 22 Februari 2024, yang bertempat pada kediaman Kel. Pondaag – Kilapong, tempat biasa umat Rosa de Lima melakukan kegiatan-kegiatan pelayanan kerohanian.

Sebanyak 44 umat yang hadir diantaranya 6 anak-anak, serta sebanyak 38 umat (remaja dan dewasa) menerima Sakramen Tobat yang berikan oleh pastor paroki.

Selanjutnya, pastor bersama seluruh umat yang hadir, merayakan hari pertobatan tersebut secara sederhana dengan makan bersama. Dimana momen sukacita ini dirangkaikan juga dengan HUT Perkawinan dari Kel. Pondaag-Kilapong serta HUT dari yang terkasih Ibu Erna Pandeinuwu.

Proficiat bagi seluruh umat yang merayakan hari pertobatannya dan proficiat bagi Keluarga Pondaag-Kilapong dan Ibu Erna Pandeinuwu, Tuhan Yesus selalu menyertai.

Selamat memasuki pekan PraPaskah selanjutnya, tetap semangat dan setia berpantang dan berpuasa.

_(Komsos WR Sta. Rosa de Lima, Romario Pratasik dan Fernalitha Nangon)_

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini