Pelajar Katolik: Beriman, Berkarakter, Bersinergi

0
114

KOMSOS MANADO – Pelajar Katolik….? Beriman, Berkarakter, Bersinergi…… begitulah yel-yel penyemangat yang disorakkan pada kegiatan Pertemuan Berkala XII Pelajar Katolik SMA/SMK Negeri se-wilayah Manado, Minahasa, Tomohon dan Sekitarnya yang dihelat pada Jumat-Minggu, 11-13 November 2022 bertempat di Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng.

Kegiatan yang mengusung tema: “Pelajar Milenial Berkarakter di Era Digital” ini dihadiri oleh ratusan siswa dan guru pendamping. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng sebagai bentuk program formasi pembinaan calon imam yang mampu mengorganisir suatu kelompok dalam skala besar.

Kegiatan ini dipercayakan menjadi tanggung jawab tingkat tiga, yakni para frater yang sementara menjalankan tugas katekese (mengajar) di sekolah-sekolah. Peserta yang ikut pada kegiatan ini berjumlah 300-an siswa datang dari 16 Sekolah SMA/SMK Negeri. Peserta terbanyak datang dari SMA Negeri 1 Bitung sebanyak 36 siswa. Memang jumlah ini tidak begitu banyak karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga jumlahnya dibatasi oleh panitia. Kegiatan ini baru kembali diadakan setelah sempat terhenti oleh adanya situasi wabah covid sejak tahun 2020.

Semangat dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana Gereja memberi perhatian bagi segenap pelajar katolik yang bersekolah di SMA/SMK Negeri. Terutama sejauh mana perhatian pada pembinaan dan pendidikan iman mereka dipenuhi. Karena itu, selain adanya program katekese di sekolah-sekolah, program Pertemuan Berkala semacam ini juga menjadi ajang perjumpaan dan persaudaraan satu sama lain. Adapun kegiatan ini mengusung konsep camping rohani yang dibuat di kompleks lapangan Seminari Pineleng.

Dalam kegiatan ini ada beberapa agenda yang dilaksanakan, antara lain materi seminar oleh para pemateri yakni Drs. Salvator Ponomban, M.Pd. selaku Penyelenggara Bimas Katolik Kemenag Kota Manado, Dr. Valentino Lumowa, Pst. Andreas Sainyakit, S.S., M.A., Pst. Evaristus Angwarmase, S.S., Lic.Th. dan Ferly B. Kaparang, S.H. M.H., CLA.

Dalam sambutannya Pst. Troy Kalengkongan, Pr., selaku ketua komisi Kepemudaan Keuskupan Manado menyampaikan bahwa acara semacam ini sangat berguna bagi para siswa untuk memupuk semangat iman dan persaudaraan. Beliau kemudian mengusulkan agar nama organisasi para siswa katolik di semua sekolah diseragamkan dengan nama KSK (Keluarga Siswa Katolik).

Adapun kegiatan lain yang menyemarakkan pertemuan berkala kali ini yakni kegiatan perlombaan, antara lain lomba Baca Kitab Suci dan Renungan, Mazmur tanggapan, Yel-yel, Vocal grup dan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA). Di penghujung acara, panitia mengumumkan bahwa yang keluar menjadi pemenang umum dalam pertemuan tersebut adalah SMA Negeri 1 Tomohon.

Demikianlah terjadi bahwa kegiatan ini semata bukan untuk ajang seremoni, melainkan dalam satu harapan iman bahwa pelajar katolik di sekolah negeri mendapatkan perhatian yang lebih dari Gereja supaya mereka memiliki semangat iman, semangat juang yang terus berkobar karena cinta akan Gereja dan Bangsa.

Terima kasih buat seluruh umat yang telah membantu menyukseskan kegiatan penggalangan dana dari para frater tingkat tiga dibawah pimpinan Fr. Silvianus Delis Bentalen selaku ketua panitia untuk kelangsungan kegiatan tersebut. Semoga ke depan akan semakin banyak yang terlibat dan kegiatan ini semakin mendorong hadirnya Pelajar Milenial yang Berkarakter di Era Digital. Semoga. (Fr. Yanto Kansil)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini