Pemulihan Tuhan Membawa Kemakmuran Dan Kehormatan Bagi Umat-Nya

0
99

Ibadah Sabda Wilayah Rohani (Wilroh) Sta Ursula, bertempat di keluarga Mua Singkoh, Selasa, 19 September 2023.

Ibadah di pimpin saudari Vini Etlegar, di buka dengan lagu pembukaan dari buku Madah Bakti 164, ‘Di Sanggar Maha Suci’, yang dipandu ibu Nona Kopong.

Selanjutnya, ibadah yang dihadiri 14 orang, di awali dengan tanda salib, doa tobat, dan doa pembukaan.

Kemudian saudari Vini menyampaikan bacaan kitab suci. Sehubungan dengan bulan Kitab Suci Nasional 2023, Lembaga Biblika Indonesia memberi tema “Allah Sumber Kasih dan Keselamatan”. Di ambil dari kitab Yunus 1:2.

Pada pertemuan ketiga di angkat judul ” Kasih Allah Menyelamatkan, Yoel 2:23-27″
“Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya di makan habis oleh belalang pindahan”, Yl 2:25.

Pendalaman Bacaan pada pertemuan ketiga dalam Yl 2:23- 27 memuat Firman Tuhan kepada umat-Nya yang sedang membangun keluarga, agama, dan bangsanya setelah sekian lama meninggalkan tanah airnya karena pembuangan. Sesampai di tanah leluhur mereka, meskipun menemukan keadaan masih hancur, sepertinya tidak menjanjikan harapan, nabi Yoel meyakinkan bahwa Tuhan Allah akan menyelamatkan mereka.

Nabi Yoel dalam nubuatnya mengajak untuk bersukacita karena Tuhan, Allahmu!” (ay. 23). Tuhan hadir menyelamatkan mereka.

Sekalipun di tengah kesulitan, Nabi Yoel menyerukan untuk bersyukur atas ke- hidupan yang sudah diperoleh sampai saat ini. Dengan melihat karya Tuhan di masa lalu membantu umat masa kini untuk memiliki harapan, akan mengirimkan ‘hujan. Ia akan membalikkan ‘kekeringan’ dan mem- berkati umat-Nya.

Tuhan berjanji, “Aku akan memulihkan kepadamu” (ay. 25), Tuhan akan mengganti kerugian yang diderita umat- Nya karena serangan belalang yang menyebabkan kehancuran Yerusalem dan penderitaan terhadap penduduknya. Kehancuran dan penderitaan inilah yang dimaksud dengan ‘kerugian’ dan akan ‘dibayar’ atau dipulihkan oleh Tuhan. lebih besar bahkan berkali-kali lipat.

Pemulihan Tuhan membawa kemakmuran dan kehormatan bagi umat-Nya.

Melalui peristiwa pemulihan, Allah mengajak umat-Nya untuk mengetahui bahwa la ada dan hadir di tengah-tengah mereka, la menyertai mereka yang sedang dalam kesusahan. Bahkan pemulihan tersebut dilakukan untuk menyatakan karakter-Nya sendiri sebagai Allah yang “pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia” (2:13) dan memiliki “belas kasihan kepada umat-Nya” (2:18).

Karena itulah, mereka harus tahu dan sadar bahwa tidak ada Allah lain selain Dia. Hanya Tuhan-lah yang layak untuk disembah dan dipuji.

Ibadah berjalan dengan hikmad. Di akhiri dengan lagu penutup dan berkat.

Pada bagian akhir ketua menyampaikan pengumuman jadwal pembukaan Novena besok rabu 29 September 2023 bertempat di gereja dan Novena dari rumah ke rumah. Dilanjutkan dengan latihan koor.(Komsos Wilroh Sta Ursula, Kartini Marintja)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini