Penghitungan Suara Calon Pengurus Wilroh Santo Ignatius dari Antiokia Berjalan Hangat

0
215

Suasana hangat terasa di salah satu rumah umat di Stasi Santo Stefanus Nggasuang. Meskipun diselimuti hujan, kehangatan itu tetap terasa di hati umat Wilayah Rohani Santo Ignatius dari Antiokia. Pada hari Jumat (14/6/2024) sore, umat berkumpul di rumah Keluarga Salabia-Yakelan untuk mengikuti penghitungan hasil pemungutan suara. Mereka hadir untuk menyaksikan siapa yang akan terpilih sebagai pengurus inti wilayah rohani.

Mekanisme pemilihan pengurus wilayah rohani di Stasi Santo Stefanus Nggasuang ini berjalan unik. Semua umat yang dianggap layak adalah calon yang siap dipilih. Dalam masa pemilihan, umat yang telah berhak memberikan suara diberikan kertas suara untuk menuliskan pilihannya secara bebas. Umat diberikan kesempatan menentukan pilihannya selama dua hari. Setelah menulis, umat diminta memasukannya ke dalam kotak suara. Saat semua umat selesai mengumpulkan kertas suara, mereka akan berkumpul di suatu tempat sesuai dengan waktu yang ditentukan untuk melakukan penghitungan suara bersama-sama.

Pada pemilihan kali ini, umat wilayah rohani Santo Ignatius dari Antiokia Stasi Santo Stefanus Nggasuang menuliskan pilihan mereka untuk menentukan ketua dan sekretaris wilayah rohani yang baru periode 2024-2027. Pemilihan ini dilakukan karena masa bakti pengurus sebelumnya telah  berakhir.

Di tengah rintik hujan pada hari Jumat sore itu, nama-nama umat calon pengurus wilayah rohani berloncatan. Semua umat siaga menerima bila namanya disebut. Suara-suara seperti gelak tawa, teriakan, sahutan yang saling tindih keluar dari bibir-bibir umat. Suasana semakin hangat hingga suara tepuk tangan meriah menutup keriuhan itu.

Pada dua lembaran hasil penghitungan suara, tertulis nama-nama umat yang dicalonkan dengan perolehan suaranya. Di lembaran penghitungan untuk calon ketua, Ibu Agustina Salabia mengumpulkan 31 suara. Perolehan suaranya unggul atas perolehan suara tujuh nama lainnya. Sementara itu, di lembaran yang lain untuk calon sekretaris, Ibu Lidwina Yakelan meraup 19 suara dukungan. Perolehan suara ini unggul atas perolehan suara enam nama lainnya. Untuk mereka yang terpilih, proficiat dan selamat berkarya! ***

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini