“Penguatan Pangan Demi Kesejahteraan Hidup Bersama”

0
1127
Pembukaan oleh Uskup Manado dengan memukul tetengkoren

Inilah tema yang diangkat dari kegiatan pertemuan nasional JPIC Fransiskan Indonesia yang dilaksanakan di Biara DSY Savelberg Lotta, Pineleng. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Komisi JPIC DSY Kongregasi Dina Santo Yoseph Manado. Acara pembukaan INFO JPIC dari Tarekat Fransiskan, diawali dengan misa syukur yang di pimpin oleh Uskup Manado, Mgr. Rolly Untu, MSC. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 19-25 Agustus 2017.

JPIC merupakan Justice, Peace and Integrity of Creation. Dalam Bahasa Indonesia: “Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Seluruh Ciptaan.”

Kegiatan ini dimaksudkan kepada religius fransiskan yang dipanggil dan diutus untuk bertanggung jawab memajukan perdamaian, menegakkan keadilan, menjaga keutuhan hidup dan ‘merawat bumi kita’ sebagai “Rumah Damai” bagi seluruh ciptaan. Hubungan erat antara iman dan kepedulian terhadap lingkungan hidup diartikulasikan dengan tegas oleh Paus Fransiskus dalam ensiklik “Laudato Si” dengan kata-kata berikut ini: “Menghayati panggilan untuk melindungi karya Allah adalah bagian penting dari kehidupan yang saleh”.

Panggilan hidup membiara dan juga panggilan hidup pada umumnya pada prinsipnya adalah sebuah “panggilan revolusioner” untuk mewujudkan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan sebagai konsekuensi atas panggilan untuk mewartakan Kerajaan Allah; Kerajaan adil, damai dan berkeutuhan tidak tercerai berai.

Nilai-nilai JPIC ini merupakan nilai-nilai yang seharusnya terus-menerus diupayakan dan dihidupi serta dijalankan oleh masyarakat yang lebih luas demi terciptanya kehidupan yang adil dan sejahtera.

Visi

Mewujudkan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan sebagai konsekuensi atas panggilan untuk mewartakan Kerajaan Allah.

Misi

  • Mewartakan Kerajaan Allah yakni: Kerajaan adil, damai dan berkeutuhan tidak tercerai berai (punya integritas) dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyebarluaskan nilai-nilai JPIC dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan komunitas/ keluarga untuk meningkatkan taraf kehidupan yang damai, adil, dan berkeutuhan ciptaan.
  • Membawa misi Keadilan dan Perdamaian ke dalam dunia saat ini dengan menjaga agar mata tetap awas terbuka, hati peka dan tangan siap menjalankan amal kasih bagi sesama dan alam ciptaan.

Sebagai aksi nyata dari gerakkan nilai-nilai JPIC di atas, dalam kehidupan bermasyarakat, maka setiap Tahun, diadakan pertemuan antar para penggerak Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan yang tergabung dalam gerakkan kefransiskanan JPIC se-Indonesia dengan nama INFO JPIC (Intern Fransiskans For Justic Peace and Integrity Of Creation) Indonesia.

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini