Penutupan Bulan Rosario: “Melalui Maria Menuju Yesus.”

0
122

Hari ini merupakan hari terakhir berdoa bersama Bunda Maria. Hari ini pula secara resmi umat Katolik sedunia, khususnya umat paroki St. Ignatius Manado mengadakan misa untuk menutup bulan Rosario. Bulan yang dipersiapkan khusus untuk menghormati Bunda Maria sebagai Ratu Rosari. Selama bulan Oktober ini umat Katolik secara bergiliran dari rumah ke rumah berdoa Rosario.

Bersama dengan Bunda Maria, umat Katolik mempersembahkan segala doa yang terbaik. Entah itu doa untuk keluarga, Pemimpin Gereja, untuk tanah air, orang sakit, bahkan sampai doa perdamaian dunia, selama bulan oktober senantiasa didoakan agar dunia yang kita cintai ini tidak terjadi hal-hal yang merusak kehidupan.

Salah satu nilai yang menjadi landasa iman umat Katolik adalah ketaatan. Bunda Maria sebagai salah satu tokoh penting yang menjadi teladan bagi umat Katolik. Ketaatan Bunda Maria melampaui batas-batas kemanusiaan. Bagi umat Katolik, Bunda Maria adalah sosok kesalehan yang sempurna di mata Allah.

Hal yang patut diteladani kita semua selama bulan rosario ini ialah, ketaatan. Ketaatan Bunda Maria, tanpa kita sadari kita sudah melakukannya. Dalam hal apa misalnya? yakni dalam hal melakukan doa rosario tanpa henti. Selama sebulan ada dari kita yang tidak putus mengikuti ibadah rosario. Inilah teladan Bunda Maria bagi kita. Ketaatan Bunda Maria, telah kita laksanakan dengan mengikuti ibadah rosario, berdoa rosario dari rumah ke rumah, bahkan berdoa di depan goa Maria, dan lain sebagainya.

Seperti tema bulan misi sedunia yaitu, “Hati berkobar-kobar, kaki bergegas mewartakan Injil”. Sebagai umat Katolik kita ditugaskan untuk mewartakan Injil di tengah dunia. Tugas yang penuh resiko ditengah polarisasi kehidupan yang semakin kuat. Mewartakan Injil melalui tindakan dan aksi nyata. Mewartakan Injil tidak sama sama dengan kristenisasi. Berbuat baik terhadap sesama walaupun berbeda agama adalah perintah Allah yang harus dilaksanakan. Jika toh pada akhirnya ada orang yang mau mengikuti Kristus karena perbuatan kita, itu hanyalah bonus. Tugas kita adalah menyelematkan dunia dengan cara-cara yang sederhana dengan berdoa rosario, dan mengikuti kegiatan-kegiatan gereja. Demi Kemulian Tuhan yang semakin Besar.

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini