PERAYAAN SYUKUR ST JOSEP PELINDUNG PAROKI KAWANGKOAN

0
1309

Hari Minggu 19 Maret 2017 umat paroki St. Josep Kawangkoan merayakan Perayaan Syukur Pesta pelindung paroki. Pukul 10.00 panita bersama seluruh umat sudah siap untuk menyambut Uskup dan pejabat pemerintah. Penyambutan ini dimeriahkan dengan drumband oleh anak SD Katolik Tompaso. Perayaan ini dihadiri umat dari keenam stasi dan juga undangan dari pemerintah Minahasa yang diwakili Camat Kawangkoan, Dra. Meike Rantung dan juga tokoh-tokoh agama. Pukul 10.15 dilangsungkan perayaan ekaristi dengan selebran utama Uskup Manado, Mgr. Josef Suwatan, MSC dan konselebran Pastor Paroki, Pst. Sipri Motoh, Pr dan Pst. Agus, OCD. Menjadi Satu Dalam Kristus Memberi Hati, Melayani, Mengasihi Dan Mencintai”. Inilah tema Perayaan Syukur Pesta Pelindung Paroki St. Josep Kawangkoan. Bapa uskup dalam khotbahnya menyampakian bahwa sebagai umat, kita harus mengambil dan menghayati nilai-nilai yang dihidupi oleh st. Josep. Ia menerima dan berpegang teguh pada apa yang diwahyukan Allah. Ia taat dan melaksankan apa yang dikehendaki Allah dengan mengambil Maria menjadi istrinya dan menjadi ayah bagi Yesus. Itulah iman dan ketaatan St. Josep. Iman kadang mengatasi segala kemampuan akal budi manusia. Karena itu sebagai umat yang beriman, kita harus berpegang pada iman, karena iman itulah yang akan menyelamatkan kita.

Setelah perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan sambutan-sambuatan dan santap kasih. Ketua panitia Bapak dr. Patrisius Roring, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebelum acara puncak ini, panitia dan seluruh umat telah melaksanakan berbagai kegiatan baik itu perlombaan maupun pertandingan. Pertandingan dan perlombaan yang dimulai dari bulan Januari sampai pada tanggal 18 Maret 2017 antara lain pertandingan tenis meja, badminton, lomba baca kitab suci, Cerdas cermat alkitab, berpacu dalam puji syukur dan madah bakti, merangkai hortikultura dll. Kegiatan perlombaan dan pertandingan yang telah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan semangat kreatifitas, partisipasi umat dan untuk meningkatan persatuan dan kesatuan umat paroki. Sementara Gubernur sulut, dalam sambutannya yang diwakili oleh kepala BAPELITBANGDA Provinsi Sulawesi Utara, Bapak Jemmy Lampus, MKes menyampaikan selamat kepada seluruh umat katolik atas terlaksananya  Pesta pelindung Paroki St. Josep Kawangkoan, semoga dengan perayaan ini, semakin memperteguh iman dan memperkuat komitmen kita untuk semakin rajin beribadah, berkarya, mengabdi bagi umat, gereja, bangsa dan Negara yang kita cintai. Dan sekda Sitaro, Bpk. Dr. Adri Manengkey, MSI, dalam sambutannya menyampaikan  tiga hal berkaitan dengan Pesta St. Josep. Tiga hal itu yakni komitmen; sebagaimana St. Josep komitmen untuk menerima dan melaksanakan apa yang diwahyukan Allah, maka umat juga harus punya komitmen untuk membangun gereja dan masyarakat. Kedua Fokus, umat harus fokus  dalam pelayanan terhadap umat dan masyarakat dan yang ketiga yakni, kerja, kerja dan kerja, sebagaimana St. Josep adalah seorang pekerja, maka umat pun harus bekerja.

Dalam kesempatan ini juga, Uskup memberikan penghargaan kepada umat yang telah mengabdi untuk pengembangan iman umat di stasi-stasi se-Paroki St. Josep Kawangkoan. Teruslah berkarya demi pengembangan iman umat dan teruslah menjaga kebersamaan, karena kebersamaan mengajarkan kita tentang suka dan duka dilalui bersama, karena dengan kebersamaan membuat hal yang sedikit tersasa sangat melimpah.

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini