PESAN PAUS FRANSISKUS KEPADA PARA KATEKIS: JADILAH KREATIF

0
834

Paus Fransiskus mengirimkan pesan kepada para peserta Simposium Katekese Internasional yang berlangsung di Universitas Kepausan Argentina di Buenos Aires dengan tema “diberkatilah orang-orang yang beriman”.

Dalam pesan ke simposium tersebut, Bapa Suci menunjuk bahwa “Menjadi seorang katekis adalah panggilan untuk pelayanan Gereja, yang diterima sebagai pemberian Tuhan dan pada gilirannya harus ditransmisikan.”

Paus melanjutkan dengan mengatakan bahwa katekis berjalan bersama Kristus, oleh karena itu seorang Katekis bukanlah seorang yang memulai dari gagasan dan seleranya sendiri. Dia mencari Tuhan dan pencarian itu membuat hatinya mereka terbakar (berkobar-kobar). Paus Fransiskus juga mencatat dalam pesannya bahwa peran katekis itu kreatif karena ia mencari cara dan makna yang berbeda untuk mewartakan kabar baik tentang Kristus. Paus menambahkan bahwa “pencarian untuk membuat Yesus dikenal sebagai keindahan tertinggi ini, menghantar kita untuk menemukan tanda dan bentuk baru transmisi iman.”

Cara atau sarana boleh berbeda, Bapa Suci menggarisbawahi, “tetapi yang penting adalah mengingat gaya Yesus, yang menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekelilingnya supaya membawa mereka pada cinta Tuhan.” Paus melanjutkan bahwa, kita perlu mengetahui bagaimana “mengubah” dan menyesuaikan diri, untuk menyampaikan pesan Tuhan meskipun pesan itu sendiri selalu sama. Akhirnya, Paus Fransiskus mendorong para katekis untuk mengambil bagian dalam simposium tersebut untuk menjadi utusan yang bersukacita, penjaga kebaikan dan keindahan yang bersinar dalam hidup beriman para murid misionaris. “

Sumber: Radio Vatikan

http://www.news.va/en/news/pope-to-catechists-be-creative

Teks Lengkap:

https://w2.vatican.va/content/francesco/en/messages/pont-messages/2017/documents/papa-francesco_20170705_messaggio-simposiocatechesi-argentina.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini