Pesta Pelindung Paroki Sta. Theresia Malalayang

0
2001
Perayaan Ekaristi Misa Perdana Uskup Manado dan Pemberkatan Gedung Pastoran

Minggu, 1 Oktober 2017 merupakan momen penting umat Katolik terlebih khusus umat di Paroki Santa Theresia Malalayang yang bisa merayakan pesta pelindung paroki dan merupakan misa perdana Uskup Manado serta pemberkatan Gedung pastoran.

Dalam misa syukur ini, Uskup Manado Mgr. Rolly Untu, MSC menyampaikan khotbahnya kepada umat mengenai Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus.

“Hari ini umat bisa mensyukuri dan berbangga dapat mengadakan pesta pelindung paroki yaitu Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus. Umat paroki harus mengenal siapa dia. Santa Theresia dikenal dengan sebutan ‘Jalan Kecil’ atau ‘Jalan Sederhana’. Dia dikenal karena kesederhanaannya. Ia berkeinginan menjadi suster dan diterima menjadi suster karmel umur 15 tahun. Dia menghayati dan menjalankan tugas dengan baik. Sikapnya yang ramah membuat dia semakin dikenal banyak orang namun kurang disenangi oleh suster yang lain. Ia mengalami pengalaman penderitaan namun ia tetap berusaha menjadi suster yang baik dan ramah. Ia memiliki sakit paru-paru dan meninggal di usia yang terbilang muda yaitu umur 24 tahun. Ia menjadi lebih terkenal lagi di saat ditemukannya catatan-catatan yang sangat bermanfaat untuk banyak orang. Melalui pergumulannya dan pengalamannya di dalam biara ia menuliskannya dalam tulisan yang begitu indah. Catatan itu lebih dikenal dengan sebutan “Jalan-jalan kecil”. Ia menjalankan kehiudupan yang begitu sederhana, ramah, seperti Yesus sendiri dan inilah jalan Kristiani Sejati. Ia menjalankan semua tugasnya dengan penuh sukacita, dengan sepenuh hati dan dengan kerendahan hati. Ia mendengar dan menjawab panggilan Tuhan, sabda Tuhan dengan rendah hati. Inilah yang harus kita lihat dari Santa Theresia. Semoga dalam merayakan pesta pelindung ini, umat semakin dipersatukan dan bisa saling mengasihi satu sama lain sehingga menjadi umat paroki yang kokoh dan kuat.”

Adapun, dalam sambutan dari Pastor Paroki yaitu P. Louis M. Bayak, Pr, ia berterima kasih dan bersyukur atas berkat yang Tuhan berikan di mana dalam merayakan pesta pelindung paroki bertepatan juga dengan Uskup Manado dapat hadir dan memimpin perayaan ekaristi. Ia juga bersyukur bahwa gedung pastoran dapat selesai dengan baik. Dan ini semua merupakan bantuan dari umat paroki yang aktif berperan dalam pembangunan.

 

 

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini