Puncak Acara Hut Paroki ke-23 Yesus Gembala Baik – Paniki

0
2418

Paniki Bawah, 24 Sep 2017

Sebagai puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan HUT Paroki ke-23 ini, diawali dengan perayaan Ekaristi pada hari Minggu Biasa XXV, 24 September 2017, dipimpin langsung oleh Pastor Paroki, yakni Pst. Frediangko Samudia, pr. Pada Misa Syukur HUT Paroki ini, prosesi persembahan dibawakan oleh siswa-siswi SMP Sta. Monika, Paniki Bawah dengan diiringi lagu Opo Wananatase, serta di penghujung Misa, ibu-ibu WKRI mempersembahkan tarian ‘Selendang Biru’.

IMG 20170924 WA0039

Dalam homilinya, Pastor Paroki menyampaikan sekilas sejarah atau cikal bakal terbentuknya komunitas umat Katolik di Paniki Bawah yang kemudian berkembang menjadi Stasi Paniki Bawah yang masuk dalam wilayah Paroki St. Yohanes Penginji, Laikit hingga akhirnya berkembang menjadi Paroki yang mandiri pada tahun 1994.
Setelah perayaan Ekaristi, acara berlanjut dengan Pesta Umat di aula Paroki sebagai wujud suka cita umat akan perayaan HUT Paroki mereka.

IMG 20170924 WA0042
Dalam sambutannya sebagai pembuka Pesta Umat, Bpk. Max Wantalangi selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa “Menjadi dekat dengan Allah, dan hidupmu akan berubah”, merupakan salah satu pernyataan Bunda Teresa semasa hidupnya yang diambil menjadi tema HUT Paroki pada tahun ini oleh Panitia. Dimana Panitia tahun ini adalah umat Bunda Teresa yang bertempat tinggal di perumahan GPI dan perumahan GRITMA yang terdiri dari Wilayah Rohani St. Ambrosius, Sta. Ursula, St. Thomas Becket, Sta. Elisabeth dan Sta. Maria Ratu Rosario Suci.

IMG 20170924 WA0041
Sebanyak 44 Wil-Roh dari 7 Stasi turut berperan aktif dalam memeriahkan dan merayakan HUT Paroki ini dengan berbagai macam kegiatan, antara lain kegiatan Lomba di bidang Kerohanian yakni Rally Rosario, Baca Kitab Suci & Renungan, CCAK (Cerdas Cermat Agama Katolik). Juga ada kegiatan di bidang kesenian, yakni Workshop atau Pelatihan Dirigen dan Olah Vocal, Lomba Pendarasan Mazmur, Bintang Vocalia, Tarian Kreatif serta Lomba Koor. Tentunya tidak ketinggalan pertandingan di bidang olah raga, seperti Futsal, Bola Voli Putra & Putri, Catur beregu, Badminton beregu dan Tenis Meja beregu.
Tak hanya itu, Panitia juga menyelenggarakan kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan yakni Pemeriksaan dan Pengobatan gratis bagi penyakit umum, Pemeriksaan mata dan pembagian kacamata baca gratis serta Donor Darah.

IMG 20170924 WA0037
Tentunya menjadi Panitia HUT Paroki bukanlah perkara yang mudah. Sebagaimana disampaikan pleh Bpk. Pedro Pangemanan, selaku Sekretaris Panitia, bahwa berbagai kendala dialami oleh Panitia, mulai dari persiapan seperti bagaimana mensosialisasikan dan mengkomunikasikan seluruh informasi kegiatan kepada 44 Wilayah Rohani yang mana cakupan areanya cukup luas, mulai dari Kima Atas, Mapanget Barat, Paniki Dua, Paniki Atas hingga Kaiwatu, menjadi tantangan tersendiri. Termasuk tentunya dalam hal penggalangan dana, dimana Panitia membawa semangat, sebisa mungkin tidak memberatkan Wilayah Rohani namun justru bisa memberikan kontribusi yang terbaik baik Wilayah Rohani dalam bentuk hadiah-hadiah yang bernilai guna membantu pengembangan Wilayah Rohani itu sendiri.

IMG 20170924 WA0034
Tak hanya itu, tantangan untuk merangkul umat sebanyak mungkin terlibat dan aktif dalam berbagai macam kegiatan khususnya perlombaan dan pertandingan menjadi tantangan yang cukup berat juga seperti yang disampaikan oleh Bpk. Markus Menggana selaku Koordinator Lomba. Bahwa ada kalanya dalam beberapa perlombaan atau pertandingan muncul konflik, protes dan pernyataan ketidakpuasan dari umat, dirasakan Bapak yang hobi main catur ini sebagai ‘salib’ untuk Panitia, dan semangat melayani umat tetap menjadi prioritas bagi Panitia.
Dalam Puncak Acara HUT Paroki ini, dimeriahkan oleh penampilan dari Sekami Paroki, tarian Katrili oleh siswa-siswi SDK 02 Don Bosco Paniki Bawah serta penampilan-penampilan spontan dari umat. Tentu saja acara pengumuman dan pembagian hadiah menjadi acara pokok pada Pesta Umat ini yang dinanti-nantikan oleh umat.
Dan rasa kebersamaan serta persaudaraan semakin terasa saat seluruh umat bersama-sama dengan Pastor Paroki, Frater dan Suster-suster yang hadir, bersantap siang bersama, bercengkrama serta menari bersama.
Terima kasih disampaikan kepada Panitia yang telah bekerja keras mewujudkan terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik dan lancar. Juga terima kasih kepada para Donatur dan Sponsor yang telah banyak membantu. Dan tentunya kepada seluruh umat Paroki Yesus Gembala Baik yang telah ambil bagian dalam rangkaian acara ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

IMG 20170924 WA0033
Banyak selamat disampaikan kepada umat Paroki Paniki. Semoga semakin tumbuh dan berkembang dalam iman.
AJI

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini