Sepenggal Lagu Menambah Semangat dan Sukacita Iman Umat

0
141

“Tuhan Cipta Taman Indah Aku Tahu, Tuhan cipta Taman Indah Kita Sembah Dia”. Sepenggal syair lagu yang menarik hati dinyanyikan sejumlah umat Stasi Santo Yohanes Ranoyapo Paroki Santo Paulus Tompaso Baru, sambil melaksanakan kegiatan bersih gereja, membuat taman dan apotek hidup, pada hari jumat, 31 Maret 2017 dan hari Sabtu, 2 Maret 2017, pada pukul 15.00 WITA.

Gerakan aksi ini merupakan satu rangkaian rencana yang telah dibuat dan disepakati bersama oleh pengurus dewan pastoral stasi, wilayah rohani, kelompok kategorial dan umat di stasi itu. Kegiatan yang ditargetkan untuk dilaksanakan yaitu bersih lingkungan rumah keluarga umat, penanaman tanaman obat keluarga, pembuatan taman bunga di halaman rumah, pelestarian tanaman dapur hidup keluarga dan aksi peningkatan ekonomi keluarga melalui gerakan Credit Union. Gerakan aksi ini dijadwalkan akan dibuat setiap hari jumat dan minggu sore hari, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk umat yang rajin untuk datang diluar hari yang ditentukan. Kegiatan ini dimulai Bulan Maret dan akan berlangsung sampai Bulan Desember 2017.

Gerakan aksi ini dipelopori oleh ketua dewan pastoral stasi dan seksi liturgi dibantu oleh pengurus wilayah rohani.

Adapun tanggapan dari Lenda Sampow sebagai ketua Wilayah Rohani St. Skolastika: “Selama proses aksi dijalankan banyak hal positif yang muncul ditengah umat diantaranya kebersamaan dan suka cita selalu terlihat saat kerja bersama.”

“Untuk memenuhi taman dihalaman gereja setiap keluarga membawa satu jenis tanaman bunga dan di tanam langsung oleh anggota keluarga di lokasi taman yang disiapkan.” tambah Nice Sumigar sebagai Ketua Wilayah Rohani St.Veronika.

Hal ini dibenarkan oleh ibu Evi Kumontoy sebagai ketua Wilayah Rohani St. Gregorius Agung: “Keterlibatan umat dalam kegiatan mulai dari anak-anak, Remaja, OMK dan Bapak-bapak juga ibu-ibu, yang secara bergantian melaksanakan kerja bakti dan merawat taman baik pagi maupun sore hari.”

Semangat umat menjadi tanda sukacita iman karena setiap melaksanakan kerja bakti, diakhiri dengan doa dan menikmati suguhan kue serta minuman yang disediakan oleh keluarga umat sebagai rasa Syukur atas Pegorbanan bersama untuk mengisi hidup ini. Umat yang hadir dalam kegiatan ini sekitar 15 – 20 orang per wilayah rohani.

Gerakan aksi ini sebagai perwujudan dari Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2017 yang dihantar oleh tim animasi APP dan komisi pengembangan sosial ekonomi (PSE) yang telah dibuat bulan Maret yang lalu. Dengan tema “Keluarga Berwawasan Ekologis” yang diikuti oleh pengurus dewan pastoral stasi, wilayah rohani, kelompok kategorial dan kepala sekolah bersama guru-guru sebagai peserta. Setelah melalui proses animasi berlangsung dengan penuh antusias lewat sharing peserta, maupun 3 anggota tim dari Paroki, diakhiri dengan penyusunan program aksi yang di bahas dalam kelompok peserta, sehingga dapat merumuskan beberapa kegiatan aksi baik kelompok dewan pastoral maupun Wilayah Rohani yang telah dibuat sesuai arahan tim animasi.

Lucky Toreh, S.Ag.

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini