Sr. Petra Abuk Asa, DSY: “Anak Tunggal” Mengikrarkan Kaul Kekal

0
399
Kaul Kekal Sr. Petra

KOMSOS MANADO –  (Senin, 4/10) di Biara Savelberg Lotta diadakan Perayaan Ekaristi Syukur dalam rangka Pengikraran Kaul Kekal dari salah satu anggota Kongregasi Suster Dina Santo Yosep Manado, yakni Sr. Petra Abuk Asa, DSY. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Uskup Keuskupan Manado, Yang Mulia Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC, didampingi oleh Pastor Rheinner Saneba, Pastor Kristianus Ludong, Pastor Damianus Pongoh dan Diakon Firovani Adikila, serta dihadiri oleh Pimpinan Kongregasi DSY Manado, sebagian suster DSY yang sempat hadir, para bruder BTD dan perwakilan keluarga dari Sr. Petra.

Dalam homilinya, Uskup Rolly mengajak para suster dan semua yang hadir untuk bercermin pada teladan hidup yang ditunjukkan oleh Santo Fransiskus Asisi, Pelindung Kongregasi, yang pestanya juga dirayakan hari ini. Uskup Rolly menegaskan pentingnya suatu misi bersama yang dilaksanakan dalam hubungan persaudaraan yang erat satu sama lain. Santo Fransiskus Asisi yang pada zamannya tidak memiliki sarana secanggih sekarang, ternyata bisa membawa suatu misi besar di tengah dunia. Belajar darinya, Uskup Rolly mengajak semua yang hadir, teristimewa para suster DSY untuk memanfaatkan segala sarana yang ada demi sebuah misi bersama bagi dunia

Dalam ungkapan hati yang disampaikannya, Sr. Petra sungguh bersyukur atas penyertaan Tuhan baginya sampai saat ini. Ungkapan syukur itu tampak dalam tema yang dipilihnya untuk perayaan ini, yakni: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal.” Menarik juga bahwa dalam sharing singkatnya, Sr. Petra mengatakan bahwa dia, yang di rumah memiliki 9 orang saudara, datang dan mulai menjalani hidup dalam kongregasi sebagai ‘anak tunggal’. Ia mengikrarkan kaul kekal seorang diri karena tidak memiliki teman angkatan yang lain lagi.

Akan tetapi, ketika ia menjadi bagian dari Kongregasi DSY Manado, ia bukan lagi ‘anak tunggal’, melainkan anak di antara banyak saudari se-Kongregasi. Persaudaraan inilah yang juga digarisbawahi oleh Sr. Christina Tandayu DSY, Pemimpin Umum Kongregasi DSY Manado. Suster Christina menegaskan pentingnya membangun persaudaraan dalam Kongregasi, maupun dengan semua pihak yang terlibat dalam segala proses pembinaan dan kehidupan kongregasi.

Selamat untuk Kongregasi DSY Manado yang berpesta hari ini dan proficiat untuk Suster Petra Abuk Asa, DSY untuk kaul kekalnya! (oV)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini