‘Sudahkah Kita Semua Bersyukur?’ Direnungkan Pada Ibadah Wilroh St Laurentius

0
131

Ibadah sabda Wilayah Rohani (Wilroh) St Laurentius, Paroki St Mikael Perkamil pada hari Selasa 18 Juli 2023 bertempat pada Keluarga Batualo-Manggalatung, dengan pemimpin ibadah saudari Indah Samen.

Pembacaan diambil dari Injil Matius 11:20-24 dengan perikop “Pada Hari Penghakiman Tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan daripada tanggunganmu”.

Renungan dari saudari Indah diberi tema “Pertobatan dan harus selalu bersyukur”.

Di awal renungan, pemimpin ibadah menghantar umat dalam sebuah cerita ilustrasi tentang Ibu dan Anak.

Disuatu pagi, seorang anak bertanya kepada Ibunya, katanya :”Ma, Tuhan Yesus kan Maha Pengampun, boleh dong kalau kita buat dosa, toh juga akan di ampuni”.

Dengan bijak ibu itu menjawab “Nak, Tuhan memang Maha Pengampun, tetapi jika kita bertobat hanya sebatas kata-kata maka segala kebaikan bahkan pertobatan akan sia-sia adanya”.

Kadang kita sebagai manusia dengan gampang berpikir bahwa Tuhan dapat kita bujuk dengan pelayanan berkali-kali atau memberikan persembahan dalam jumlah banyak.

Itu tentu pemahaman yang keliru. Tuhan pasti marah ketika mengetahui umat-Nya seperti demikian.

Maka hendaknya kita semua sebagai umat Tuhan, anak-anak Allah selalu bersyukur, mengerti dan bahkan merasa cukup dengan apa yang kita punya, maka percayalah kita melakukan apa yang Tuhan kehendaki.

Ketika kita semua bertobat, mulailah dengan pribadi anda sendiri atau anda harus sadar benar ketika anda semua ingin bertobat itu murni karena ingin berubah bukan karena keinginan orang lain. Mulailah dengan sungguh-sungguh untuk bertobat dan bersyukur.

Kegiatan ibadah dimulai jam 19.00 Wita dan dihadiri sebanyak 16 umat.

Selesai ibadah Seksi Liturgi, ibu Christin Renyaan sebagai MC menyampaikan terima kasih kepada tuan rumah, pemimpin ibadah dan umat yang hadir, dan juga mengumumkan ibadah untuk minggu depan.

Usai pengumuman, dilanjutkan dengan obrolan ringan dan canda tawa sambil menikmati suguhan dari keluarga.

Pemimpin ibadah saudari Indah, adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral Tomohon yang baru saja menyelesaikan tugas PKLnya di SMA St.Laurentius Manado.(Komsos Wilroh St Laurentius, Olien Monolimay)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini