Tancap Gas Pembangunan di Stasi Persiapan Ubol

0
894

Pembangunan di Stasi Persiapan Ubol Paroki Raja Damai Banggai kian gencar dilakukan. Meskipun umat di sana baru berjumlah 3 KK, itu adalah benih yang cukup untuk menumbuhkan iman Katolik di Pulau Labobo. Pulau Labobo adalah salah satu pulau berpenduduk di wilayah Kabupaten Banggai Laut. Di dalamnya terdapat 1 Kecamatan yang terdiri dari 6 Desa. Sebelumnya, tidak ada umat Katolik atau Gereja Katolik berdiri di pulau ini. Dari Pusat Paroki, pulau ini dapat dijangkau melalui sarana transportasi laut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setelah peletakan batu pertama gedung gereja pada awal bulan Februari yang lalu, pembangunan di stasi persiapan Ubol terus dilanjutkan. Sebagai Stasi persiapan, pekerjaan rumah pembangunan cukup menumpuk. Setidaknya, ada dua target utama pembangunan yang perlu dipecut.

Pertama, pembangunan semangat dan iman umat. Sejak bulan September 2023, Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki Raja Damai Banggai mulai sering mengunjungi, memberikan pembinaan iman dan memberi semangat kepada umat di Stasi Persian Ubol. Kegiatan-kegiatan ibadat dan katekese dari Pastor, DPP dan Katekis menjadi hal yang rutin dilakukan di sana. Katekese dan pembinaan iman Katolik secara umum menjadi hal penting, terutama karena beberapa umat di Stasi Persiapan Ubol ini masih dalam masa persiapan untuk diterima ke dalam persekutuan Gereja Katolik.

Ibadat umat dan DPP di Gereja darurat
Ibadat Umat Stasi Persiapan Ubol dan DPP Raja Damai Banggai di Gereja Darurat

Kedua, pembangunan fisik dan penyediaan berbagai sarana ibadat umat. Pada tanggal 1 Februari 2024, Pastor Paroki Raja Damai Banggai meletakan batu pertama pembangunan gereja Stasi Persiapan Ubol. Awal pembangunan gedung gereja ini menjadi tanda komitmen umat setempat dan wujud nyata dukungan Pastor Paroki dan seluruh umat Paroki Raja Damai Banggai. Selama beberapa bulan terakhir, umat masih melakukan ibadat di rumah umat dan di gereja darurat.

Pada awal Mei 2024, setelah 3 bulan pembangunan gereja, umat Stasi Persiapan Ubol menerima kunjungan dari pihak Kementerian Agama dan Pengurus FKUB Kabupaten Banggai Laut. Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau umat Katolik setempat beserta dengan pembangunan sarana ibadatnya.

WhatsApp Image 2024 05 01 at 11.23.01
Pihak Kemenag dan Pengurus FKUB Kabupaten Banggai Laut meninjau Umat dan Pembangunan Gereja Katolik di Stasi Persiapan Ubol.

Umat Stasi Persiapan Ubol tentu membutuhkan dukungan dari semua umat, baik umat se-paroki maupun dari umat se-keuskupan. Pastor Paroki Raja Damai Banggai, Pastor Tarsisius Kewa Ama, MSC, mengajak umat Paroki Raja Damai Banggai untuk saling mendukung dalam karya-karya pengembangan iman umat. “Mari kita beri dukungan doa dan dukungan lain yang mereka butuhkan agar iman Katolik bertumbuh subur dan dapat berkembang di Pulau Labobo” ujar Pastor Ama. ***

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini