Uskup Emeritus Hadir dalam Pemberkatan Gereja St. Agustinus Manokwari

0
2358

Manokwari,  Minggu, 27 Agustus 2017, Bapa Uskup Emeritus, Mgr. Josef Suwatan, msc, menghadiri Yubileum ke 80 dan pemberkatan St. Agustinus, Paroki Agustinus, Manokwari, Keuskupan Manokwari-Sorong, Papua Barat. Selain dihadiri Mgr. Emeritus Manado, turut hadir juga Mgr. Pius Datubara, Uskup Emeritus Keuskupan agung Medan.

Sebelum perayaan ini digelar, Para Pastor KMS (Keuskupan Manokwari-Sorong) yang tersebar di 27 Paroki terkumpul untuk mengikuti TEPAS (TEMU PASTORAL), karena itu hampir semua pastor yang berkarya di keuskupan ini hadir dalam upacara meriah ini. Menurut Mgr. Hilarion Datus Lega, Gereja Paroki St. Agustinus ini dibangun dan dipersembahkan bukan hanya untuk umat katolik tetapi juga untuk menjadi salah satu Ikon kota Manokwari, sebagai Kota Injil. Menurut uskup yang adalah juga Ketua KOMSOS, KWI, Gereja yang berada di atas bukit ini dibangun dengan mengedepankan adat-istiadat dan nilai-nilai kebersamaan orang Papua. Bagian atas gereja ini dbangun seperti rumah khas Papua. Seperti rumah yang mengayomi semua orang Papua. Banyak ornamen Papua yang dipasang. Misalnya Tifa, alat music yang mengumpulkan dan membangkitkan suka cita orang Papua. Bentuk gereja yang dibangun kurang dari dua tahun ini sebenarnya adalah  seperti Monstrans, untuk mengingatkan orang supaya datang menyembah Tuhan, adoramus te Domine. Gubernur, mantan gubernur, beberapa bupati dan pemerintah yang lain turut menghadiri perayaan Ekaristi pemberkatan gedung Gereja megah yang menghabiskan dana kurang lebih 10 miliar lebih.

Bapa Uskup emeritus merasa senang dan bersukacita boleh sama-sama dengan umat di Keuskupan Manokwari-Sorong. Sudah lebih dari 10 tahun Keuskupan Manado mengirim bantuan tenaga imam diosesan untuk turut membantu Keuskupan Manokwari Sorong. Tercatat sampai hari ini, pastor Dino Kalalo berkarya di salah satu  stasi jauh dari Paroki Katedral, Pastor Richoh Ansow di Paroki St. Paulus, Wagom, Fak-fak dan Pastor Zepto Polii yan bekerja di paroki di Teminabuan.

Sesudah perayaan Ekaristi, perayaan dilanjutkan di luar gereja, seperti biasa makan bersama dan ramah-tamah. Banyak Selamat untuk KMS, Selamat untuk Karya Misi di tanah Papua. Dan Banyak selamat untuk gereja Baru. St. Agustinus.

 

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini