Uskup Rolly Untu Tahbiskan Gereja Bunda Hati Kudus Yesus Rumengkor

0
1520
Peresmian dan pentahbisan Gereja Bunda Hati Kudus Yesus Rumengkor.

Uskup Keuskupan Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC., mentahbiskan Gereja Bunda Hati Kudus Yesus (BHKY) di Rumengkor melalui misa kudus pada Sabtu, 15 Juni 2026. Acara ini dihadiri oleh umat paroki yang dengan penuh sukacita merayakan momen bersejarah tersebut.

Pentahbisan gedung gereja yang dibangun selama dua tahun itu diawali dengan peresmian oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey ditandai oleh pengguntingan pita, penandatanganan prasasti dan penyerahan kunci pintu dari Uskup Mgr. Rolly Untu kepada Pastor Paroki BHKY Rumengkor Pst. Emmanuel Ohoiwutun, MSC. Pada kesempatan itu juga Gubernur Olly menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp100 juta untuk pembangunan gereja tersebut.

Dalam homilinya pada perayaan ekaristi kudus, Uskup Rolly Untu mengungkapkan kegembiraannya atas pencapaian umat paroki ini. 

“Hari ini kudus bagi Tuhan karena itu kita tidak bersusah hati, tetapi bersukacita karena Tuhan menyelenggarakan semuanya dan menyertai perjalanan umat paroki ini,” ujar Uskup.

448265833 493175843234203 2594961368340524776 n
Peresmian dan Pentahbisan Gereja Bunda Hati Kudus Yesus Rumengkor.

Ia juga mengenang perjalanan panjang umat paroki yang penuh upaya dan kerinduan untuk mengembangkan bangunan rohani mereka. Sejak awal berdirinya paroki, umat telah berjuang keras untuk mewujudkan impian memiliki gereja yang baru. Meskipun banyak rintangan yang harus dihadapi, mereka tetap gigih dan akhirnya berhasil.

“Kita semua adalah saksi-saksinya, baik buah iman, buah pengharapan, dorongan-dorongan, dan berbuah juga pada panggilan-panggilan. Kita lihat hadir Pastor John Montolalu, putra Rumengkor sebagai Sekretaris Keuskupan Manado,” kata Uskup, mengingatkan jemaat tentang perjalanan spiritual mereka.

Pembangunan Gereja Bunda Hati Kudus Yesus ini dimulai oleh Pastor Bastian Sapang, dilanjutkan oleh Pastor Emanuel Ohoiwutun. Uskup Rolly Untu juga mengenang Pastor Bastian yang merencanakan peresmian gereja pada Desember tahun lalu, namun sayangnya meninggal sebelum gereja ini selesai.

IMG 20240615 111554

“Manusia merencanakan tapi Tuhanlah yang menentukan. Jalan Tuhan bukan jalan manusia,” ujarnya, menekankan bahwa meskipun Pastor Bastian tidak dapat menyaksikan penyelesaian gereja ini, warisannya tetap hidup dalam perjalanan umat paroki ini.

Pembangunan gereja ini mendapat dukungan luar biasa dari pemerintah provinsi dan kabupaten. 

“Kita bersyukur, setelah perjalanan pembangunan, kita sekarang boleh menyaksikan pemberkatan gedung gereja ini,” kata Uskup Rolly Untu. Ia menambahkan bahwa Tuhan selalu setia menuntun umat-Nya, sebagaimana Yesus Kristus tetap sama baik kemarin, hari ini, maupun sampai selama-lamanya.

Peresmian dan pentahbisan gedung  gereja ini dihadiri sejumlah pastor yang berasal dari Rumengkor diantaranya Pst Johanis J Montolalu Pr., Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, sejumlah pejabat Pemprov Sulut diantaranya Kepala Bapenda Sulut June E. Silangen, umat paroki dan stasi. 

Pastor Paroki Emanuel Ohoiwutun dan Ketua Panitia Mathinus Mamuaja berterima kasih kepada Uskup Rolly Untu, Gubernur Olly Dondokambey yang telah hadir mentahbiskan dan meresmikan gedung Gereja BHKY. Keduanya juga berterima kasih pada Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa serta umat yang ikut membantu dan berpartisipasi dalam pembangunan gereja tersebut.

Acara peresmian gedung gereja yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp6 miliar ini menjadi momen bersejarah bagi umat paroki di Rumengkor, yang kini memiliki tempat ibadah baru untuk melanjutkan perjalanan rohani mereka dengan penuh semangat dan harapan.(Roy)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini