Wilayah Rohani MRPD GPI Gelar Rekoleksi dan Anjangsana ke Panti Werdha Bethania

0
272
Umat Wilayah Rohani MRPD GPI mengikuti rekoleksi.

Wilayah Rohani Santa Maria Ratu Pencinta Damai (MRPD), Paroki Bunda Teresa Dari Calcutta, Griya Paniki Indah (GPI), melaksanakan rekoleksi dengan tema “Membangun dan menjaga ikatan kasih dalam perkawinan katolik.” Kegiatan rekoleksi di Leny’s Villa Suwaan tersebut dilanjutkan dengan anjangsana ke Panti Sosial Tresna Werdha Bethania, Lembean, Sabtu (01/07/2023).

Dua materi yang dibawakan Pastor Revo Sulu MSC dan Frater Wilio Kalesaran yaitu Menyembuhkan Luka Hati: Menemukan Penyembuhan Dalam Hati Kudus Yesus dan Sakramen Perkawinan.

Dalam materi Sakramen Perkawinan diingatkan kembali apa itu Sakramen Perkawinan? Sakramen perkawinan adalah perjanjian perkawinan, dengannya seorang laki-laki dan seorang perempuan membentuk antara mereka persekutuan seluruh hidup, yang menurut ciri kodratinya terarah pada kesejahteraan suami-istri serta kelahiran dan pendidikan anak, antara orang-orang yang dibaptis, oleh Kristus Tuhan diangkat ke martabat sakramen.

20230701 113903

Sakramen merupakan tanda yang kelihatan dari misteri Kristus yang tak kelihatan, yang diadakan Kristus untuk mendatangkan rahmat keselamatan bagi kita

Sedangkan ciri-ciri perkawinan adalah unitas atau kesatuan dan indissolubilitas atau sifat tak dapat diputuskan/diceraikan.

Dalam materi menyembuhkan luka hati diajak untuk mengenal luka hati atau batin. Dimana luka batin adalah keadaan hati atau jiwa yang menderita goncangan akibat peristiwa atau pengalaman pahit dan menyakitkan pada masa lampau, dan tetap menggangu hidup seseorang pada masa sekarang dan membuat jiwa atau tingkah lakunya terganggu. Luka batin diibaratkan sebagai fenomena gunung es.

IMG 20230701 WA0603

Penyebab luka hati atau batin adalah pengalaman menyakitkan atau traumatis pada masa dalam kandungan, bayi, anak, remaja dan dewasa.

Penyembuhan luka batin yaitu dalam hati kudus Yesus. “Dari dalam hati akan mengalir aliran-aliran air yang memberi kehidupan”(Yoh 7:38).

Hati Yesus tergerak oleh belas kasihan, hati Yesus yang tertikam juga membawa keselamatan. Hati adalah pusat cinta. Dalam rekoleksi umat Wilayah Rohani Maria Ratu Pencinta Damai mengikuti misa dengan selebran Pastor Revo Sulu MSC.

Umat Wilayah Rohani Maria Ratu Pencinta Damai GPI juga mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Bethania, Lembean untuk berbagi kasih dengan penghuni panti werdha tersebut. Pengurus dan penghuni panti werdha berterima kasih dan senang dengan naturan yang disumbangkan Umat Wilayah Rohani Maria Ratu Pencinta Damai.(Roy)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini