Wujudkan Solidaritas Pangan, Umat Paroki Tataaran Peringati HPS 2022

0
259
Pastor Paroki St. Antonius dari Padua Tataaran, Pastor Dismas V. Salettia, Pr memberkati lahan pertanian umat, sarana produksi, alat-alat pertanian (traktor dan alat bajak) di lokasi perkebunan umat Paroki Tataaran. (Foto: Komsos Paroki Tataaran)

Tataaran – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada 16 Oktober 2022, umat Paroki Santo Antonius dari Padua Tataaran mengadakan sejumlah kegiatan, sejak Sabtu-Minggu (15-16/10/2022).

Kegiatan itu dimulai dengan pemberkatan lahan pertanian umat, sarana produksi, alat-alat pertanian (traktor dan alat bajak) di lokasi perkebunan umat Paroki Tataaran.

Dalam acara tersebut, Pastor Paroki St. Antonius dari Padua Tataaran, Pastor Dismas V. Salettia, Pr mengingatkan betapa pentingnya untuk tetap menyemangati petani, peternak dan mereka yang menyiapkan ketersediaan pangan. “Tetap semangat dalam mengolah lahan dan usaha-usaha yang menghasilkan pangan sehingga produktif dan ramah lingkungan,” katanya.

IMG 20221017 WA0001
Pemberian hasil olahan pangan lokal kepada umat Paroki Tataaran dalam peringatan HPS 2022. (Foto: Komsos Paroki Tataaran)

Sedangkan pada hari Minggu, uniknya peringatan HPS dilalui dengan misa syukur dengan dekorasi yang terdiri dari hasil produksi pertanian umat Paroki Tataaran. Hasil pertanian itu seperti jagung, sayur-sayuran, kacang tanah, dan hasil pertanian lainnya. Setelah itu, Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) dan umat yang bergiat di PSE menyiapkan hasil olahan pangan.

Salah satu umat Paroki Tataaran yang bergiat di PSE Paroki Tataaran, Petrus Rampengan menjelaskan bahwa tema HPS di Keuskupan Manado yaitu Solidaritas Pangan, Semakin Peduli, Semakin Murah Hati. “Semua dilakukan dengan makan bersama hasil olahan pangan secara gratis, yang menunjukkan keterlibatan Gereja atau Paroki dalam mendorong ketersediaan pangan, bahkan membagikan secara sukarela sebagai wujud nilai solidaritas,” ungkapnya. (kpt)

Komsos Paroki Tataaran

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini