16 Postulat Terima Busana Biara di Kapel Keluarga Kudus SJMJ

0
709

Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC menyerahkan lilin pada 16 Postulat SJMJ.

Setelah menjalani kurang lebih 1 tahun masa pembinaan Postulat, hari ini Rabu 8 Juni 2022, sebanyak16 calon Novis menerima busana biara Kongregasi Suster-Suster Jesus Maria Joseph di Kapel Keluarga Kudus Provinsialat SJMJ, Paniki. 

Perayaan ekaristi dipimpin langsung oleh Uskup Keuskupan Manado, Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC bersama Pastor Paroki Yesus Gembala Baik Paniki, Pst. Aloysius Wilar, Pr., Pst. Billy Robert Mawuntu, Pr., dan Fr. Dkn. Firovani Adikila, Pr. Acara ini dihadiri juga oleh Provinsial dan Dewan Pemimpin Kongregasi Suster-Suster Jesus Maria Joseph. 

Acara Penerimaan Busana Biara diawali dengan sapaan dan bimbingan mengenai masa Novisiat oleh Sr. Justien Tiwow, SJMJ selaku Provinsial SJMJ Provinsi Manado. Kemudian dilanjutkan dengan Penerimaan Busana Biara dan Salib serta Janji Novis oleh para ke-16 calon Novis. Ke-16 calon Novis tersebut ialah Sr. Alexandra Stevani Bahan, SJMJ (Keuskupan Agung Kupang), Sr. Claudia Da Cruz, SJMJ (Keuskupan Atambua), Sr. Defitri Dahu Bere, SJMJ (Keuskupan Atambua), Sr. Israwati, SJMJ (Keuskupan Agung Makassar), Sr. Julianti Bubun, SJMJ (Keuskupan Atambua), Sr. Maria Getrudis Polly, SJMJ (Keuskupan Manado), Sr. Melisa Irna Rianti Lestari, SJMJ (Keuskupan Agung Makassar) , Sr. Oktaviana Verenial Gidda Nana, SJMJ (Keuskupan Atambua), Sr. Paskalia Bota Hurit, SJMJ (Keuskupan Larantuka), Sr. Silvana Maria Goreti Nomo, SJMJ (Keuskupan Manado), Sr. Veronika Melsa Kabu, SJMJ (Keuskupan Atambua), Sr. Viany Petronela Lengkong, SJMJ (Keuskupan Manado), Sr. Victoria Novelia Indri Suma, SJMJ (Keuskupan Manado), Sr. Yuliana Ernesti Nana, SJMJ (Keuskupan Atambua), Sr. Yuliana Melania Kopong, SJMJ (Keuskupan Manado), dan Sr. Yustina Rica, SJMJ (Keuskupan Agung Makassar). 

Mgr. Benedictus Rolly Untu, MSC selaku Uskup Keuskupan Manado memberikan selamat mewakili para uskup kepada ke-16 suster yang menerimakan busana biara. 16 Suster ini berasal dari 5 keuskupan berbeda, yakni Keuskupan Agung Kupang, Keuskupan Atambua, Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Manado, dan Keuskupan Larantuka. 

“Saya berharap agar para suster dapat berkomitmen untuk tetap setia dalam jalan panggilannya,” tutur Uskup.

Tema yang diangkat dalam prosesi Penerimaan Busana Biara pada hari ini “Berusahalah dengan sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh.” 

Itulah yang disampaikan oleh Sr. Margaretha Wasti, SJMJ selaku Pembimbing Postulat. Wasti berharap agar para suster dapat tetap teguh dan bertahan dalam setiap rintangan yang akan mereka hadapi. 

Berdasarkan Kongregasi SJMJ art. 55, dengan demikian ke-16 para Novis baru kini memasuki masa pembentukan intensif di Novisiat selama dua tahun. Tekad mereka telah bulat untuk mengikuti panggilan Tuhan, semoga dengan kesungguhan hati mereka tetap teguh dan setia di dalam panggilan mereka.(Jes/Roy)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini