AKSI NYATA PAROKI ST. IGNATIUS MANADO DI HARI KOMUNIKASI SOSIAL SEDUNIA KE-57.

0
457

BERBICARA DENGAN HATI…..

Dalam rangka memperingati hari komunikasi sosial sedunia yang ke-57, sekaligus menyongsong Pesta Pelindung Paroki St. Ignatius Manado, Komsos Paroki St. Ignatius Manado mengadakan kegiatan seminar. Seminar yang mengusun tema “Hakikat pesan dekrit Inter Merifica dan pesan hari komunikasi sosial sedunia ke-57, dalam mewujudkan pelayanan umat, yang komunikatif dan menyelamatkan”, yang diselengarakan pada hari Minggu, 28 Mei 2023, bertempat di Aula paroki St. Ignatius Manado.

Adapun kegiatan seminar ini dimulai setelah Perayaan Ekaristi, Pada pukul 10:00 WITA. Peserta yang hadir berjumlah 91 orang yang terdiri dari pimpinan Wilayah Rohani dan Kelompok Kategorial. Antusias umat dalam mengikuti kegiatan ini patut diapresiasi, karena meluangkan waktu mereka untuk mengikuti kegiatan seperti ini.

Kegiatan Seminar diawali dengan doa pembuka oleh Bapak Anton Parengkuan, dilanjutkan dengan sapaan sekaligus membuka kegiatan seminar oleh Pastor Paroki St. Ignatius Manado, Pastor Damianus Yangko Alo, Pr.

Pada pukul 11:00 wita, Sesi pertama dimulai. Dibawakan langsung oleh Pastor Amrotius Wuritimur, Pr. Tema yang diangkat oleh Pastor Amrotius ialah Hakekat pesan dekrit Inter Merifica dalam kehidupan beriman dan relevansinya dalam pelayanan pastoral paroki”. Dalam materinya, pastor menghimbau sekaligus mengajak umat untuk mampu menggunakan media sosial dengan sebijaksana mungkin. Karena media sosial bisa menggerakkan siapa saja, yang menggunakannya. Selain itu juga ada hak dan kewajiban sebagai penguna media sosial. Diantaranya ialah hak atas informasi yakni harus benar, jujur dan memenuhi syarat dalam hal ini mengindahkan hukum-hukum moral yang berlaku. Kewajiban sebagai pengguna media sosial ialah mendukung nilai-nilai keutamaan seperti keadilan, kebenaran dan kebijaksanaan. Serta menghindarkan hal-hal yang dapat merugikan rohani dalam hal ini umat mampu membina suara hati dalam menggunakan media sosial. Lebih khusus lagi bagi para kaum muda dan anak-anak di zaman sekarang ini.

Sesi kedua dimulai pada pukul 13:26 wita, yang dibawakan oleh Komsos Keuskupan Manado yakni Pastor Yohanes I Made Pantyasa Pr, bersama tim. Dalam sesi ini Pastor Made sapaan akrabnya, membawakan materi yang bertemakan “Pesan komunikasi sosial sedunia ke-57, dalam mewujudkan pelayanan umat yang komunikatif dan menyelamatkan”.  Dalam materinya Pastor menjelaskan bagaimana proses sehingga hari komunikasi sosial sedunia ditetapkan oleh Paus.

Materi ini lebih menarik ketika team Komsos Keuskupan membawakan materinya sesuai dengan zaman milenial sekarang ini. Mulai dari desain, dan pembuatan image kreatif.  Dalam sesi ini umat yang hadir dibagi ke dalam kelompok untuk membuat tugas yang diberikan oleh tim. Antusias umat dalam membuat image kreatif patut diapresiasi. Itu dikarenakan umat mampu membuat gambar bertulisan dan membawakan pesan langsung kepada pengguna media sosial.

Kegiatan seminar selesai pada pukul 17:00 wita, ditutup dengan doa dan foto bersama umat sebagai peserta dan pemateri.

Terimakasih kepada mereka yang sudah mendukung dan menyukseskan kegiatan seminar ini Pastor Paroki St. Ignatius Manado, DPP, dan Bidang IV serta umat Paroki yang sudah menunjang akan kegiatan seminar. Terlebih kepada tim Komsos Paroki St. Ignatius Manado. Demi Kemuliaan Tuhan yang semakin besar.

#AMDG

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini