Umat Tataaran Rayakan Pesta Episkopal Mgr Turang – Peringatan Baptisan Pertama Paroki Tataaran

0
212
Kedua perayaan ini dilangsungkan di KSC Tondano dan dihadiri hampir ratusan umat Paroki Tataaran. (Foto: Komsos Paroki Tataaran)

Tataaran – Dua perayaan syukur dirayakan hampir ratusan umat Paroki St. Antonius dari Padua Tataaran, yang berlangsung di Kasuang Spritualitas Center (KSC) Tondano, Minahasa, Minggu (21/8/2022).

Kedua perayaan ini adalah Pesta Perak Episkopal 25 Tahun Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr  yang juga adalah putera Tataaran dan 143 Tahun Peringatan Pembaptisan Pertama Paroki Tataaran (tanggal 9 Agustus 1879 – 9 Agustus 2022).

Perayaan ini disyukuri melalui misa yang dipimpin langsung Mgr Turang, didampingi Uskup Manado, Mgr. Benedictus ER Untu, MSC, Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus C Mandagi, MSC dan Uskup Emeritus Mgr. Josep Suwatan, MSC. Turut mendampingi para imam baik dari Keuskupan Manado dan Keuskupan Kupang.

Peringatan Pesta Episkopal Mgr. Turang dimulai saat ditahbiskan menjadi Uskup Agung Coajutor Keuskupan Agung Kupang (KAK) pada 27 Juli 1997 oleh Kardinal Julius Damaatmadja, SJ. Saat Mgr. Gregorius Montero, SVD (Uskup Pertama Kupang) meninggal dunia,  Mgr. Turang mengambil alih tongkat penggembalaan umat KAK.

“Makna utama adalah pertumbuhan hidup iman dalam semangat bersaudara dengan perutusan bersama,” ujar Mgr. Turang.

Di samping Pesta Episkopal itu, Mgr. Turang menjelaskan bahwa Peringatan 143 Tahun Pembaptisan Pertama di Paroki Tataaran dilakukan dengan penuh semangat iman untuk menunjukkan buah kasih Allah.

“Kendati waktu itu, umat pada awal-awal pembaptisan mengalami berbagai tantangan dan pergolakan batin dalam menerima ajaran Katolik,” kata Mgr. Turang.

Diketahui, kedua perayaan ini dihadiri umat di Paroki Tataaran, baik kelompok kategorial serta dihadiri langsung Bupati Kabupaten Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, M.Si beserta jajaran pemerintah kabupaten Minahasa. (***)

Komsos Paroki Tataaran

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini