Uskup Manado menerimakan Sakramen Krisma sekaligus merayakan Pesta Pelindung Paroki St. Paulus Lembean.

0
679

Lembean, 22 Juni 2024 – Penerimaan Sakramen Krisma dan Perayaan Pesta Pelindung Paroki St Paulus Lembean berlangsung dengan penuh syukur.

Kegiatan ini dibuka dengan penjemputan Uskup Manado di depan RS. Hermana Lembean. Uskup Manado disambut oleh Kabasaran Sekami Lembean dengan kata-kata sambutan oleh adik Leo Sundah, kemudian penggalungan bunga oleh Perwakilan Keluarga Krismawan yaitu Kel. Pangkerego-Warankiran dan selanjutnya rombongan bersama-sama berarak menuju Gereja Paroki Lembean.

Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC menjadi Selebran Utama dalam Perayaan Ekaristi bersama Pastor Paroki Pst. Ebet Runtu, Pr dan Pastor Rekan Pst. Maurits Lensun, Pr. Sebanyak 352 Krismawan-ti dari 6 Stasi dan 2 Rayon (Pusat Paroki) menerima Sakramen Krisma setelah mengikuti bimbingan dan persiapan katekese oleh Pembina/Tim Liturgi Paroki maupun Seksi Liturgi Stasi/Wilayah Rohani.

Dalam Perayaan penuh syukur ini Uskup Manado mengungkapkan bahwa Penerimaan Sakramen Krisma merupakan kepenuhan anugerah Roh Kudus dan kepenuhan Sakramen Inisiasi (3 Sakramen) yaitu Sakramen Baptis, Ekaristi dan Krisma sehingga menjadi anggota penuh dalam Gereja dan menjadi dewasa dalam iman. Diakhir Perayaan Ekaristi Uskup Manado yang biasa disapa Uskup Rolly menambahkan bahwa sebagai konsekuensi setelah menerima Sakramen Krisma ada 4 kata kunci yaitu SBIT. S = SERUPA dengan Kristus, B = BANGGA, bangga dengan warisan iman katolik, I = INTEGRITAS atau utuh baik apa yang diucapkan dan apa yang dilakukan, T = TANGGUNGJAWAB terhadap kehidupan bersama.

Setelah Perayaan Ekaristi, ada ucapan terima kasih oleh Ketua Panitia yaitu Bpk. Venty Rampengan dan ditambahkan beberapa informasi oleh Pst. Ebet Runtu, Pr selaku Pastor Paroki. Setelah berkat penutup dilanjutkan dengan pengambilan foto bersama para Krismawan-ti per Stasi/Rayon.

Setelah Perayaan Ekaristi (Penerimaan Sakramen Krisma), acara dilanjutkan di Aula Paroki yaitu Acara Syukur (Resepsi) sekaligus Acara Kebersamaan dalam Perayaan Pesta Pelindung Paroki St. Paulus Lembean. Acara Kebersamaan di Aula Paroki ini juga dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam hal ini diwakilkan oleh Camat Kecamatan Kauditan Ibu Vilma Antonie, juga Hukum Tua Desa Lembean Ibu Daisy Sumampouw.

Seluruh Krismawan-ti diarahkan ke Aula Paroki, penyambutan Uskup Manado dan Pastores ke Aula Paroki, kemudian sambutan tunggal oleh Uskup Manado, setelah sambutan acara dimeriahkan dengan Kuiz yang diberikan oleh Uskup Manado bersama Pastor Paroki dengan hadiah-hadiah hiburan yang menarik bagi para Krismawan-ti yang bisa menjawab dengan benar.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Pemotongan kue HUT Paroki (Pesta Pelindung) oleh Uskup Manado, Pastores Lembean dan DPP dan dilanjutkan denngan penyerahan secara simbolis Piagam Sakramen Krisma oleh perwakilan Stasi/Rayon yang telah ditunjuk oleh Panitia. Acara ditutup oleh dengan makan bersama dan doa makan oleh Bpk. Fanny Punuh. Umat se-Paroki St. Paulus Lembean telah menyiapkan makanan di meja-meja yang telah ditentukan sebagai kebersamaan dalam perayaan syukur ini.

Acara ditutup dengan foto bersama Uskup Manado, Pastor Paroki bersama dengan Umat Stasi/Rayon secara bergantian, Panitia Perayaan, tamu undangan, LC Paroki, Komsos Paroki serta umat yang ingin berfoto bersama Uskup.

Terima kasih untuk semua pihak yang telah menyukseskan acara ini, terima kasih untuk umat se-Paroki St. Paulus Lembean dan Proficiat untuk seluruh Krismawan-ti yang telah menerima Sakramen Krisma. *(JJP)

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini