60 Tahun Umat Katolik Bertumbuh dan Berkembang di Desa Werdhi Agung

0
747
WhatsApp Image 2023 08 14 at 16.55.54 1 1
Uskup bersama Pastor Paroki, Diakon dan Pemerintah Desa Werdhi Agung Selatan

Rencana Tuhan Indah pada Waktu-Nya. Hari Minggu tanggal 13 Agustus 2023 bersama dengan perayaan Hari Raya Santa Maria Diangkat ke Surga, umat Katolik Stasi Santo Yoseph Pekerja Werdhi Agung, Paroki Santa Maria Pengantara Kosio Barat merayakan Hari Ulang Tahun yang ke – 60.

WhatsApp Image 2023 08 14 at 09.35.17 1

Di awal perayaan ini, dengan menggunakan pakaian adat Bali dan iring – iringan alat musik Bali umat bersama pemerintah setempat menjemput uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC. Selanjutnya Misa Syukur dipimpin langsung oleh Uskup bersama Pastor Paroki RD. Hendro Agustinus Kandowangko dan didampingi oleh Diakon Itho Gerhani Silap.

Perayaan ini bertolak dari sejarah 60 tahun yang lalu, ketika gunung Agung di Bali meletus yang menyebabkan adanya transmigrasi masyarakat Bali ke daerah – daerah, salah satunya Bolaang Mongondow tepatnya di desa Werdhi Agung yang tiba pada tanggal 8 Agustus 1963. Dan dari para transmigran itu terdapat 7 KK yang beragama Katolik, yaitu:

  1. Kel. Bapak Anselmus I Wayan Semur
  2. Kel. Bapak Paulus I Ketut Radio
  3. Kel. Bapak Marchelus I Ketut Nantri
  4. Kel. Bapak Gabriel I Made Tawi
  5. Kel. Bapak Paulus I Made Rendit
  6. Kel. Bapak Yohanes I Ketut Terima
  7. Kel. Bapak Yosep I Made Rampik
    Merekalah yang menjadi tokoh perintis umat Katolik di Stasi Santo Yoseph Pekerja Werdhi Agung, yang pada saat itu masih menjadi bagian dari Paroki Kristus Raja Kotamobagu.

WhatsApp Image 2023 08 14 at 10.48.12
Penyerahan piagam penghargaan untuk para tokoh perintis yang diterima oleh perwakilan keluarga

Berkat kasih dan penyertaan Tuhan dalam pertumbuhan dan perkembangan umat dari 7 KK sekarang telah berjumlah 44 KK dengan 169 jiwa. Dan sebagai bentuk terima kasih, dalam perayaan ini diberikan piagam penghargaan kepada para perintis atas jasa-jasa mereka dalam perkembangan iman Katolik di Stasi Werdhi Agung, yang diserahkan langsung oleh Uskup Keuskupan Manado kepada keluarga dari para perintis. Perayaan Syukur ini dihadiri oleh tokoh-tokoh umat, pemerintah dan seluruh umat Katolik se Paroki Santa Maria Pengantara Kosio Barat.

Semoga dengan perayaan ini umat Katolik yang ada di Stasi Werdhi Agung dan umat se Paroki Santa Maria Pengantara Kosio Barat semakin erat persaudaraan, semakin kokoh dalam persatuan, dan semoga tetap teguh dalam iman, pengharapan dan kasih.

WhatsApp Image 2023 08 14 at 16.55.54
Umat Stasi St. Yoseph Pekerja Werdhi Agung

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini