Komandan Kodim 1303 Bolmong Bekali Pengurus Paroki Kotamobagu

0
163

Kotamobagu – Minggu, 14 Agustus 2022, Komandan Kodim 1303 Bolmong memberikan materi pada saat Pembekalan Pengurus DKP, DPP, Wilayah Rohani Dan Kelompok Kategorial Paroki Kristus Raja Kotamobagu. Dalam kegiatan yang bertepatan dengan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga ini, Letkol Inf. Topan Angker, S.Sos membagikan materi tentang Peran serta Gereja Dan Kontribusi Umat Katolik dalam mewujudkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. “Jangan mengangap diri kita sebagai minoritas. Sebagai umat Katolik kita harus bisa menjadikan Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang satu. Ketika berada dimana-mana kita harus menjadi pemersatu bukan sebagai pemecah”, ujar Bapak yang merupakan umat di Wilayah Rohani Sta. Angela ini. Lebih lanjut beliau mengajak para Pengurus Paroki mau berkaca dalam sila-sila Pancasila ketika bertindak dalam kehidupan bermasyarakat.

“Umat Katolik harus bisa mendamaikan orang – orang yg berdemo dan jangan ikut-ikutan untuk berdemo. Kita harus ikut serta membantu daerah, membantu menjelaskan kepada masyarakat.”, jelas Letkol Topan ketika disuguhi pertanyaan tentang sikap umat Katolik dalam menghadapi masalah di daerahnya. Dalam kesempatan yang sama Letkol Topan yang pernah bertugas di Aceh selama 10 tahun itu memberikan sebuah kesaksian hidup doa dan iman yang kuat. “Antara sombong dan mengungkapkan keimanan itu beda-beda tipis. Karena setiap perkataan yang keluar dari mulut kita akan menjadi kuasa dan doa”, tegasnya menutup materi kedua pada hari itu.

Sebelumnya juga Pastor Rio Sumajow, Pr selaku Pastor Paroki memberikan penguatan dalam materi ‘Spritualitas Pemimpin Kristiani’. Sedangkan materi Pedoman Dasar DPP, Panduan Dasar Pelayanan Wilayah Rohani Dan Pengelolaan Keuangan Wilayah Rohani diberikan oleh Bapak Stevan F. Tandayu selaku Ketua Bidang Organisasi dan Pendidikan. Kegiatan yang dibuka dengan doa oleh katekis Felani Towaki, S.Fil pada pukul 11.00 WITA ini diadakan di Aula Christi Regis lantai 2. 160 pengurus yang hadir terlihat antusias mengikuti pembekalan ini karena kegiatan ini pertama kali diadakan sejak pengurus baru diutus pada 19 Juni 2022. “Dengan kegiatan ini diharapkan para pengurus dikuatkan dan boleh mengetahui tata kerjanya sehingga tidak ada keraguan dalam menjalankan tugas dan jiwa keterpanggilan ada dalam diri seluruh umat”, jelas Bapak Stevan Tandayu. Kegiatan ini berakhir pada pukul 17.30 WITA dan ditutup dengan doa oleh Bapak Aloysius Laka dan berkat oleh Pastor Rio. (Kim)

Pastor Rio Sumajow, Pr, Letkol Inf. Topan Angker, S.Sos, Bpk. Stevan F. Tandayu, Bpk. dony Saumana
Foto bersama para pengurus di paroki kotamobagu

Beri Komentar

Silahkan masukkan komentar anda
Silahkan masukkan nama anda di sini